Persyaratan dan Tatacara Registrasi Dokter / Dokter Gigi di Konsil Kedokteran Indonesia

Mengisi dan menandatangani Borang Form 1a dan Borang Form 1b .

  1. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir asli oleh Dekan FK/FKG atau Wakil Dekan I FK/FKG .
  2. Fotokopi sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh kolegium terkait dan dilegalisir asli oleh kolegium terkait.
  3. Pas foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 4(empat) lembar dan ukuran 2×3 cm sebanyak 2(dua) lembar.
  4. Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental yang dibuat oleh dokter yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP) dengan mencantumkan nomor SIP dokter yang memeriksa.
  5. Surat Pernyataan bahwa telah mengucapkan sumpah/janji dokter/dokter gigi atau fotokopi surat bukti sumpah/janji dokter/dokter gigi.
  6. Bukti Asli pembayaran biaya registrasi ke Rekening Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 93.20.5556 BNI Cabang Melawai Raya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, sebesar Rp. 250.000,-(dua ratus lima puluh ribu rupiah) sesuai dengan Keputusan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 tentang penetapan besaran biaya registrasi dokter/dokter gigi.

Syarat dan Prosedur Uji Kompetensi Dokter Indonesia

1. Syarat-syarat peserta ujian :

  • Memiliki ijazah dokter/tanda lulus dari fakultas kedokteran atau Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)
  • Sudah menjalani angkat sumpah dokter yang dibuktikan dengan sertifikat angka sumpah
  • Mendaftarkan diri ke panitia pelaksanaan program sertifikasi dokter
  • Membayar biaya ujian sesuai ketentuan yang berlaku

2. Peserta ujian ulang :

  • Adalah peserta yang gagal di ujian pertama dan mendaftar kembali untuk mengikuti ujian ulang pertama. Peserta harus menyertakan nomor ujian yang telah dimiliki ketika mendaftar ulang
  • Mengulang dengan modul adalah peserta yang gagal pada dua kali ujian dan mendaftar kembali untuk mengikuti ujian
  • Modul (diberi soal untuk dijawab di rumah)

3. Prosedur Pendaftaran Ujian

  1. Peserta dapat mendaftar melalui :
  • Fakultas kedokteran atau Program Studi Pendidikan Dokter di seluruh Indonesia
  • Sekretariat KBUKDI : Jl. Sam Ratulangi No.29 Jakarta 10350 – Telp/Fax : 021-3908435 -
  • Email : komitebersama@yahoo.com

    2. Membayar biaya sertifikasi :

    • Rp. 300.000 untuk biaya sertifikasi per kali ujian yang disetorkan ke rekening KBUKDI di Bank BNI cabang UI Depok dengan no. Rek.0120595477 a.n. Sugito Wonodirekso, dr
    • Peserta mengambil borang pendaftaran di FK/PSPD terdekat atau sekretariat KBUKDI, dengan menunjukkan bukti pembayaran biaya pendaftaran ujian dan pengurusan STR
    • Formulir yang telah diisi dan kelengkapan dokumen lainnya dimasukkan ke dalam amplop cokelat ukuran A4 dan diserahkan ke panitia pendaftaran di FK/PSPD terdekat atau sekretariat KBUKDI

    Daftar Lokasi Ujian Kompetensi dan Fakultas Kedokteran Peserta

    NO
    Lokasi Ujian
    FK Peserta
    1
    FK Unsyiah FK-Unsyiah

    FK-Univ.Abulyatama

    2
    FK USU FK-USU, FK-UISI, FK-UMI
    3
    FK Unand FK-Unand, FK-Unbrah , FK-Unri
    4
    FK Unsri FK-Unsri, FK-Unja , FK-Univ.Malahayati , FK- Unlam
    5
    FK UKI FK-UKI , FK-Untar , FK-UPN
    6
    FK UI FK-UI , FK-Atmajaya , FK-YARSI , FK-UMJ ,

    FK-UIN

    7
    FK Trisakti FK-Trisakti , FK-UPH , FK-Ukrida
    8
    FK Unud FK-Unud , FK-Unram , FK-UAA
    9
    FK UKM FK-Unpad , FK-UKM , FK-Unjani , FK-Unisba
    10
    FK Undip FK-Undip , FK-Unissula , FK-Unsoed
    11
    FK UGM FK-UGM , FK-UMY , FK-UII , FK-UNS , FK-UMS
    12
    FK Unair FK-Unair , FK-UWK , FK-Hang Tuah
    13
    FK Unibraw FK-Unibraw , FK-UMM , FK-UIM , FK-Unej
    14
    FK Unlam FK-Unlam , FK-Unmul
    15
    FK Unhas FK-Unhas , FK-UMI
    16
    FK Unsrat FK-Unsrat
    17
    FK Untan FK-Untan
    18
    FK Uncen FK-Uncen

    * Sumber :Website Konsil Kedokteran Indonesia

Untuk memulai proses pendaftaran, silakan klik disini

Diabetes symptoms can found in here.

About these ads

75 Balasan ke Persyaratan dan Tatacara Registrasi Dokter / Dokter Gigi di Konsil Kedokteran Indonesia

  1. radja s mengatakan:

    kenapa TS senior kurang berani menghadapi ujian kompetensi??????? kenapa asosiasi profesi disiplin ilmu lain hanya mengikuti ujian profesinya satu kali example:PERADI

    • Nesi Merlitha mengatakan:

      bisa gak jurusan IPS masuk vakultas dokter gigi????? Apa saja persyaratan nya?????? Tes fisik atau tidak????? Terus tes tertulis nya dalam mata pelajaran apa saja????? Di saat sudah masuk vakultas dokter gigi,apa ada kesulitan yang dari jurusan IPS????? Blas ke FB saja nesyebaeby@ymail.com trmakasih,mohon bantuan nya..

      • Holiyari mengatakan:

        Assalam..! Saya mau tanya, slah satu persyaratan dokter gigi kan mempunyai tinggi diatas 150.., tpi tingi tubuh saya gak sampai 150 cuma 140, boleh gak tadi dokter gigi..
        Wassalam..

      • Holiyari mengatakan:

        Assalam..! Saya mau tanya, slah satu persyaratan dokter gigi kan mempunyai tinggi diatas 150.., tpi tingi tubuh saya gak sampai 150 cuma 140, boleh gak jadi dokter gigi.., dan juga orng tua sya gak punya bnyk uang tpi sya pengen/nekat jadi dokter gigi…bgaimana solusinya?
        Blz di fb saya ya…
        Wassalam..

  2. drfajars mengatakan:

    bagaimana cara mengikuti ujian modul,
    mulai tanggal berapa pendaftarannya?bagaimana tata caranya?
    mohon balasan ke email : drfajar01@yahoo.com

  3. Anonymous mengatakan:

    hilangkan jalur USM

  4. Irep mengatakan:

    dari dulu mahluk hidup yang bernama dokter itu selalu dianiaya. setelah ujian negara tidak ada, sekarang muncul ajang pemerasan yang bernama UJI KOMPETENSI. bangsa ini makin SONTOLOYO AJA.
    HOI……pada kemana tuh semua uang untuk UJI KOMPETENSI yang bermilyar milyar……SONTOLOYO

    • Anonymous mengatakan:

      saya setuju friend, knpa untuk menolong orang sj kita sebagai dokter hrs bnyak syrat n peraturan, smntara bnyak yg bukan dr dokter mmberi pengobatan tidak ada peraturan n seenaknya sj mmbuka prktek bahkan lebih dr 5 prktek

    • eva mengatakan:

      saya stuju friend…..
      knapa kita di persulit yach,,,
      bidan bebas mengobati pasien tanpa ada hambatan kok malah kita di persulit gini…gak smua dokter banyak duit,,,repot nya jadi dokter,,,

  5. Rizma mengatakan:

    Hooo,, Kompetensi ya?

    Sebenernya kalo kita ga lulus kompetensi, jadinya ga boleh praktek ya? apa ntar ada sejenis ‘kursus kursus’ terus kita langsung lulus? :P

  6. RAFAEL P SIDABUTAR mengatakan:

    PASSWORD TIDAK BISA MASUK

  7. janto mengatakan:

    gak uji kompetensi gak pa yg penting byk pasiennya

  8. drg ali wardhana mengatakan:

    uji kompetensi memang sgt penting skali krn itu merupakan standar dlm kt akan melakukan praktek terhadap pasien,saya setuju dengan adanya uji kompetensi,jd smoga teman sejawat hrs wajib mengikuti uji kompetensi

  9. dr i gde amat mengatakan:

    saya sgt tdk setuju skali dengan adanya uji kompetensi krn buat apa kt sekolah lama2 di uji lagi,bikin sakit kepela aja,kpd teman sejawat jgn ikut uji kompetensi kt hrs memboikotnya

  10. dodit mengatakan:

    ada soal uji kompetensi dr. gigi??? gue boleh donlot dong??

  11. yuyun mengatakan:

    kenapa seh harus ujian kompetensi ???? apa menjamin kita tergolong dokter yang banyak px nya hehehehe

  12. dr.yuyun mengatakan:

    jangan ada kompetensi donk hehehee

  13. Rizma mengatakan:

    @ dr yuyun
    Mungkin niatnya biar ilmunya update kali dok, tapi kalo mekanismenya ga diawasi jadinya ga ada guna juga kali ya,, :P

    @ dodit
    Waduh, kurang tau ya pak,, ntar dicariin deh,,

  14. Yang bersabar mengatakan:

    Aq 2 x gak lulus2 kmptnsi,heran jg pdhl soal ujianya berulang.n aq dah hati2 isi LJK.mgknkah mmg harus ada ‘korban’stiap ujian:-(:-(:-S

  15. yg innign cepat strnya mengatakan:

    gmn ini kki, maunya kan setelah lulus kita cepat kerja, terutama yg baru selesai spesialis, tp terhambat strnya yang luamaaaaa sekali keluarnya, jdny kita nganngur 1-3 bln, hanya gara2 nunggu str, gmn kalo dipermudah dan dipercepat ngurus strnya? kita mau kok nambah biaya asal cepat selesai

  16. Arwin mengatakan:

    Jadi bingung deh dgn str.
    Emang dosen2 kita padaan goblok…? Kita harus ikut ujian kompetensi. Sontoloyo

  17. tanty mengatakan:

    Mau tanya nih,kalau yang mau praktek dokter gigi di luar seperti malaysia perlu gak untuk ikut ujian kompentensi,krn sampe sekarang saya blm ikut ujian dan bermaksud untuk praktek dimalaysia..mungkin bisa email saya di:eva_hp2619@yahoo.com, terima kasih..

  18. ayu mengatakan:

    mamaf ne…mau nanya fkg yang di daerah sumatera dimana jha yah??
    blas ke fs q jha ya..
    Haryu_girl@yahoo.com

  19. caroline mengatakan:

    kalo kami dari smk bisa kan masuk fakultas kedokteran ??? bls ya thanks
    cmcolin@ymail.com

  20. welly mengatakan:

    kalau SMA nya jurusan IPS bisa gak masuk vakultas doker gigi??????????? Mohon di balas ke Friendster aglista_renansu@yahoo.com…. TrmakasiH…

  21. welly mengatakan:

    bisa gak jurusan IPS masuk vakultas dokter gigi????? Apa saja persyaratan nya?????? Tes fisik atau tidak????? Terus tes tertulis nya dalam mata pelajaran apa saja????? Di saat sudah masuk vakultas dokter gigi,apa ada kesulitan yang dari jurusan IPS????? Blas ke FS saja aglista_renansu@yahoo.com trmakasih,mohon bantuan nya..

    • Antye mengatakan:

      klo lulusan SMA tp jurusan IPS bisa gg masuk kedokteran??? terus universitas mana yang mau nerima lulusan IPS di kedokteran??? and bisa gg kalo dah lulu 3 tahun yang lalu terimakasih… tolong di balas di FB.. santisanjaya56@yahoo.co.id
      mohon informasinya…

  22. dr.andri bernando mengatakan:

    tlg informasi untuk pengambilan Str spya bisa langsung diambil tanpa lewat pos,karena terlalu lama klo nunggu dikirim.Ada yang punya infonya ?

  23. ayina sari putri mengatakan:

    masih di buka ga pendaftaranya

  24. anggi p mengatakan:

    mw tanya,bagaimana cara mendaftar usm fk&fkg?
    datang ke fakultasnya apa ke sekretariat unsri…
    tlong dikirim lewat email Q…trims

  25. dr rini mengatakan:

    kalo ga uji kompetensi pada nganggur dong, kasian TKI dah pada menderita ntar dokter jg jadi TKI, ga malu tu Indonesia? modul jg dah diapus, ujian truuussssss pe tua, ya ya ya

  26. Anonymous mengatakan:

    itu akal2 an dulu ijin praktek hrs us\dah PTT skrg byk pemda yg dokternya gak ptt hrs uji komp..cape dehhhh

  27. dobi mengatakan:

    kebenaran tentang ujian kompetensi itu diberlakukan kapan?buat teman2 yg pernah lihat/baca di TV ada tertulis bahwa STR mulai berlaku th 2010.jgn buat pendidikan kt semakin bobrok oleh kepentingan2 pribadi.ok sadarlah dr kekeliruan……………

  28. bedon mengatakan:

    UKDI adalah Pengangguran wajib buat dokter2 yg br angkat sumpah.kt lht msh byk dokter dibutuhkan dipelosok2 daerah.negara kt msh sgt membutuhkan tenaga2 dokter terutama saat lg ada bencana.apakah TS yg br angkat sumpah tidak bisa mendarma baktikan dirinya untuk menolong sesama manusia yg membutuhkan pertolongan medis……….dimana hati nuranimu wahai IDI sbg pencipta dokter pengganguran……renungkanlah buat apa kau menjadi dokter dan arti Sumpah dokter bagi anda ( IDI )…….thanks Lord ( Allah SWT ).

  29. lilik mengatakan:

    mungkin ada temen sejawat yang tahu,bagaimana cara mengurus str yang hilang,terimakasih sebelumnya.

  30. Sylvia mengatakan:

    Aq mawu numpang nanya nihh… Kalo jurusan ips, bisa gag sih masuk jurusan kedokteran??
    Didengar” sih, kata orang” bisa ya???

  31. drg Wwwwwwwwwwwwww mengatakan:

    ips, sma, bissssssssssssssssa
    yang penting lulus ujian masuknya hehehe

  32. elniza morina mengatakan:

    mau nanya nich.. STR saya sudah mau habis masa berlakunya februari ini, untuk memperpanjang apa saya harus ikut ujian kompetensi lagi? berapa skp minimal yang harus saya kumpulkan utk tidak ikut test lagi? saya sudah PTT 3 tahun yang lalu. Tolong balas ke email ..trims

    • fajarhanafih mengatakan:

      mau nanya nich.. STR saya sudah mau habis masa berlakunya desember 2011 ini, untuk memperpanjang apa saya harus ikut ujian kompetensi lagi? berapa skp minimal yang harus saya kumpulkan utk tidak ikut test lagi? saya sudah str sebelum nya Tolong balas
      kemydian kalau memang tidak ikut test bagaimana cara melaporkan SKP yg saya dapat ???,dan dari mana saja SKP yg bisa kita dapatkan selain mengikuti seminar?
      tolong balas ke email…,.,.,.

  33. Anonymous mengatakan:

    Gmana q mw ambik keDokteran, ,
    truz pndftrnx kpn?

  34. dr Rido mengatakan:

    iya ne,,kok pake ujian kompetensi segala,kalau ad ujian kyk gini,ya cuma di jadiin pembanding,jgn dijadiin patokan donk

  35. hambaliie mengatakan:

    gimana y klo STR kita ilang…? gimn donk proses gantix ?? tolong y masukannya,tq

  36. adhe mengatakan:

    saya pengen bngt msuk kdokteran,sy jg jurusan ipa. Apa jd seorg dokter it hrus pintar. Soalny sy ankny gk pintar” bngt. Standar lh org bilng.
    O y kakak” doktr,ksh tau donk ujian msuk kdokteran it pa z? Mama pngn bngt soalny sy jd doktr,beliau smpe rela pke acra nyogok gt. Please, bls ya..

  37. anti mengatakan:

    Sy mau nanya universitas apa saja yang menerima ips di fakultas kedoteran?apa saja yang di tes kan?apakah ada dari mata pelajaran ips karena sy dari ips?

  38. drg Rita Kartika Sari mengatakan:

    saya mau tanya berapa resminya pembayaran untuk perpanjangan STR bila syarat-syarat sudah terpenuhi? karena dari cabang kami dikenakan biaya Sertifikasi Rp 250.000,- dan Registrasi Rp 250.000,- apa kami dikenakan biaya Rp 500.000,- bila pengurusan melalui cabang? atau bisa kami urus sendiri ke KKI dgn biaya berapa yang resmi? BTK

  39. karolina kaban mengatakan:

    be…. rarti PT, tidak dipercayai lagi kualitasnya……. sehingga harus ujian kompetensi nasional lagi……. hiks–hiks,,hiks…..

  40. deri mengatakan:

    kki ajing …pemalas.STr janjinya 1 bln slesai…2 bulan jg blum slesai.malas skali.ganti karyawan/bubarkan kki

  41. fajarhanafih mengatakan:

    mau nanya nich.. STR saya sudah mau habis masa berlakunya desember 2011 ini, untuk memperpanjang apa saya harus ikut ujian kompetensi lagi? berapa skp minimal yang harus saya kumpulkan utk tidak ikut test lagi? saya sudah str sebelum nya Tolong balas
    kemydian kalau memang tidak ikut test bagaimana cara melaporkan SKP yg saya dapat ???,dan dari mana saja SKP yg bisa kita dapatkan selain mengikuti seminar?
    tolong balas ke email…,.,.,.

  42. Anonymous mengatakan:

    saya pernah ditelfon kki tentang berkas saya sdh smp,ditunggu2 3 bln str gk dtg2,gt d knfrmasi kata org kki berkas saya gak ada,ada yang tau solusinya..

  43. Anonymous mengatakan:

    brengsekkkkkkkkkkk kki

  44. drg. endang sulastri mengatakan:

    untuk registrasi ulang, berkas-berkas registrasi dikirim ke alamt KKI atau ke PBPDGI , untuk dokter gigi. terima kasih

    • drg. suardhana mengatakan:

      drg endang, saya sudah 3x ikut ujian kopetensi tp ga lulus2.tolong dong dok supaya str saya keluar biar bisa ngurus izin praktek. saya juga mau kerja cari uang dok, jgn dong persulit seperti ini. trima kasih

  45. dr.Hartono Gunarso mengatakan:

    Dewan konsil yang terhormat, janganlah kiranya kami para sejawat dipersulit lagi dengan berbagai aturan dan syarat. Kami sekolah sudah lama, guru2 kami sudah mengajar kami dengan sangat baik, kuliah kami makan biaya banyak, dan kami PTT di tempat2 yang sulit bagi orang biasa.
    Kami sangat berharap dihargai dan dipermudah dalam mengamalkan SUMPAH jabatan kami sebagai pelayan kesehatan.
    Ijinkan saya menyarankan supaya Ujian Kompetensi dan pengumpulan SKP dihapuskan. Dana registrasi dan ujian kompetensi ini sebaiknya digunakan sebagai symposium/seminar massal yang WAJIB di daerah masing-masing. Tentunya akan lebih berguna me “Refresh” ilmu kami.

    Dewan yang terhormat, saya yakin anda juga setuju dengan saya bahwa MEDISTRY IS AN ART and EACH HUMAN IS A UNIQUELY DIFFERENT TO ANOTHER.
    Dengan demikian saya percaya anda juga setuju bahwa tidak ada standard yang betul2 100% baku dan sama rata yang harus dipaksakan untuk semua dokter di Indonesia.
    We need freedom and trust and HEALTHY INDONESIA will no longer be a vision.
    Please re-make your decision and be solutif to us. To our beloved INDONESIA

    With lots of hope and thanks
    -dr. Hartono Gunarso-
    FK-UKRIDA 99 (PTT in Kaimana-west papua)
    email: hartono_doc@yahoo.co.id

  46. MESIN ATM PROFESIONAL mengatakan:

    Memang peraturan dibawah kepemimpinan SBY ini edan. Saya yng tamatan universitas di Indonesia + pengalaman kerja profesi di Indonesia, ke Jerman semua itu diakui dan saya tdk ada kesulitan utk mendapatkan “Beruf erlaubnis” = praktek profesional, nggak ada test “KOMPETENSI?”, di Indonesia malah tdk bisa menghargai profesional DOSEN yang ada di PT???? Jadi profesi DOKTER/ DRG bukan lagi pekerjaan “AMAL”, tapi sudah berubah oleh peraturan EDAN menjadi pekerjaan “BISNIS”!!! May MONEY bless you all !!!!!

  47. ROBOTISME mengatakan:

    @Dr.Hartono Gunarso
    Setuju Dok, hanya ROBOT yng bisa dijamin totally equal Di negara maju ikatan profesi selalu membela kepentingan teman seprofesional, di Indonesia malah membuat peraturan yng mengada ada, yng malah mempersulit TS, kasarnya menjadi sapi perah, kl mrk berniat mulia dng membuat peraturan, mrk hrs menggunakan uang registrasi itu utk seminar GRATIS!!!! juga test kompetensi GRATIS!!! itu baru namanya berani membuat Peraturan, berani menanggung beban, jangan malah membebani. No GOD but MONEY !

  48. reza mengatakan:

    saya msih kuliah di FK..ketika saya memandang kedepan..alangkah susahnya untuk mnjadi seorang dokter. impian saya sngatlah sederhana.saya ingin meningktkn kesehatan yang msh sangat rendah di daerah saya..knpa impian sya yang sngat mulia harus banyak sekali halangan dan rintangan..sekarang saja di kampuz standart pendidikan kian hari kian meningkat..kurikulum makin mencekik mahasiswa..dan dengan susah payah dapat lulus S.ked.lanjut pertarungan di Co.Ass..setahun delapan bulan..dan setelah lulus pun msih repot dengan urusan ujian kopetensi..saya telah belajar dengan keras untuk mencapai hasil dan kemampuan terbaik..motivasi saya tidak pernah luntur..apakah ada yg salah dengan impian saya..semoga di tahun-tahun kedepan ada gebrakan luar biasa tentang uji kopetensi menuju sistem yang lebih baik..sehingga semua calon dokter dapat dengan tenang belajar tanpa di hantui ketakutan uji kopetensi..semoga Alloh senantiasa mencintai para aktivis kesehatan..Amiin..

  49. dr Gun mengatakan:

    memperpanjang str kok ribet bgt yah? mohon bantuan y bagi yg udah memperpanjang str..

  50. Anonymous mengatakan:

    kok ribet banget sih buat sakit kepala taw …….

    gak ada yang mudah ,,,,,,,
    gimana gitu rasanya yah aneh banget tuh?????????????

  51. uni mengatakan:

    apakah jika ingin menjadi dokter gigi harus mempunyai gigi yang bagus dan gak pernah rusak giginya? trimakasih

  52. drg. Abuds mengatakan:

    saya sangat setuju dengan dr. Hartono Gunarso.
    jumlah tenaga kesehatan di negarakita sangat minim. terutama dokter dan dokter gigi.sedangkan kebutuhan sangat banyak.saya kira tidak perlu adanya kompetensi karena itu sangat tidak masuk akal.kampus kan sudah memiliki akreditasi.apakah dengan adanya uji kompetensi berarti konsil tidak percaya kepada kampus kami yg dengan susah payah mendidikkami sebaik mungkin untuk menjadi tenaga profesional.belum lagi kalau sudah mengabdi di tengah masyarakat banyak di antara kami yang mematok jasa pelayanan lebih dikarenakan gaji yg kami terima tidak sebanding resiko yg kami hadapi.belum lagi biaya kuliah yg sangat mahal.jika dibandingkan dengan negara serumpun, dokter/dokter gigi digaji RM 5000 atau sekitar IDR 15 juta per bulan.dokter di sana lebih tenang menangani pasien karena gaji yg jauh lebih besar dr dokter/dokter gigi. belum lagi dokter di sana hanya boleh merawat maksimal 5 pasien.
    tolong hal ini diperhatikan. terima kasih.

  53. Tanda Tanya mengatakan:

    mau nanya nih !
    klw kita mendaftar dokter gigi lewat jalur undangan dan kita sudah diterima tetapi gigi kita sendiri rusak bisa gak ya ?

  54. daphneri3 mengatakan:

    Test, just a test

  55. Marquita mengatakan:

    What’s up, this weekend is nice in favor of me, as this moment i am reading this great educational post here at my home.

  56. Ela Raviechaliysha cubby mengatakan:

    asslmalkm…..
    dokter,,, sya ingin sekali menjadi seorang dokter,tp tinggi bdan saya tidak mencapai 150cm. apkah bsa terwujud cita2 sya….
    tlong blas k’fb aja…
    terimakasih

  57. desk space mengatakan:

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to
    send you an email. I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it expand over time.

  58. office space mengatakan:

    I do accept as true with all of the ideas you have introduced to your post.
    They’re very convincing and will certainly work. Still, the posts are very quick for beginners. May you please prolong them a little from next time? Thanks for the post.

  59. paulus suparjo mengatakan:

    Saya sedang kuliah di FKG UGM.Rencana mengambil spesialist di Luar negeri.Setelah lulus dari LN,bagaimana prosedur dan syarat untuk bisa praktek di Indoensia? Tks.

  60. Anonymous mengatakan:

    Permisi’ saya mau tanya’ persyara’tan msuk dokter gigi ap aj.?n jurusan ipS biza gak masuk kedokteran?tlong blz d FB saya almaey.briasti01@yahoo.com
    Thankz;)

  61. Friscilia mengatakan:

    Sya mau tanya. Gigi sya dipasang behel krna rahangnya mancung menurut gen. Jadi utk sprti normal sya pakai behel, dan trpaksa dicabut 4 gigi dan ada 1 gigi yg tambalan. Apa sya bisa masuk FK unsri? Kalo di pengetahuan alhamd ilmu sya lumayan. Mohon di balas ya atau kirim balasan ke email ku.

  62. Friscilia mengatakan:

    Sya mau tanya. Gigi sya dipasang behel krna rahangnya mancung menurut gen. Jadi utk sprti normal sya pakai behel, dan trpaksa dicabut 4 gigi dan ada 1 gigi yg tambalan. Apa sya bisa masuk FK unsri? Kalo di pengetahuan alhamd ilmu sya lumayan. Mohon di balas ya atau kirim balasan ke email ku. friscilianp@gmail.com

  63. AndrejWalprerly mengatakan:

    Privet! Menja zovut Misha i ja sobirajus’ rabotat’ s jetim i drugimi forumami. Nadejus’ na vzaimnuju simpatiju!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: