Sisi Lain Dunia Kedokteran

Jadi dokter itu enak!!

Eit tunggu dulu….. jadi istri dokter enak!!!

Eit baca dulu yang di bawah ini…punya pacar dokter enak!!!

Eit coba rasakan dulu (jangan percaya sebelum merasakan)…jadi anak dokter itu enak!!!

Cerita cerita keren yang dibikin oleh kakak kelas kita Hendra Cipta angkatan 2001, (dengan sedikit editan🙂 hehe,,) dijamin kita bisa ngambil manfaatnya, sambil senyum senyum (jangan ampe keterusan ya,,🙂 ),,

gimana enaknya jadi dokter,, versi ko cipta nih,,

Eit kalau bisa mending orangtuaku bukan seorang dokter…… Tapi dari kesemua itu belum ada kedengaran di telingaku, ada dokter yang mati kelaparan, mati kehausan, ataupun mati kepanasan (karena tidak punya rumah).. Paling yang pernah kudengar dan kubaca..

Dokter dibunuh pasiennya!

Dokter mati bunuh diri karena tidak kuat mental waktu pendidikan!

Dokter mati karena kecelakaan karena pengen cepet-cepet ke tempat praktek!!!

Dokter mati kena AIDS atau hepatitis akibat salah suntik waktu ngambil darah/operasi (ini yg paling siallll)!!!

Ternyata masih banyak sisi lain di balik dunia kedokteran.. Kucoba bahas satu persatu.

Sisi lain dunia kedokteran!!!

  • Langkah pertama di RS… berbaju putih… berlingkarkan stetoskop di bahu.. Seolah olah tidak menginjak bumi. Kami para dokter muda melangkah yakin, sedikit sombong (pakai baju putih itu lho) bertekad menyelamatkan pasien.. Setelah masuk lebih jauh.. Kepala tertunduk seolah olah dak mau dilihat orang lagi kalau kami koas dokter muda.. (makanya, jadi orang jangan sombong)🙂
  • Semua manusia di bumi percaya kalau dokter itu mahluk yang jujur, rapi, berwibawa, berkharisama, pintar, setia, tampan (nah ini yang agak belebe).. Jadi yakinlah wahai para pengacara niat kami tulus untuk menyelamatkan pasien, biarpun ada kesalahan itu pasti diluar kehendak kami… ilmu yang kami dapatkan selama 4 tahun di kuliah, 2 tahun di RS, dan 4 tahun di spesialisasi bisa kalian kuasai dalam 6 minggu itu mustahil (ada pengacara yang bisa menyimpulkan ttg malpraktiknya satu dokter berdasar pada satu buku yang dibacanya, itupun pasti bukan buku textbook) pokoknya percayalah pada kami. Bersama kita Bisa!!!
  • Baru mau nelpon cewek, eh teringet besok nak ujian!!! Baru mau ngajak jalan, eh teringet pasien jerit jerit (dak tega), mau pegi nonton, eh ada panggilan mendadak. Mau romantis, teringet tadi pagi abis kena bentak bentak perawat senior, dokter senior, anak pasien!!
  • Biarpun susah dengan waktunya…kami para dokter tanpa susah2 kok kalau mau cari pacar, cukup meggerlingkan mata, menyipitkan lesung pipi, menjulurkan lidah, merentangkan tangan (ngajak kenalan ceritanya) , senyum sedikit, dan dengan tidak lupa memakai jas dokter kami🙂 . Dijamin dah cewek/cowok bakal tergoda dengan kami. Tapi tenang kami para dokter 90% bukan tipe buaya darat, kami type setia semua (halah!!)..
  • Mau pacaran!!! Mesti cari cewek/cowok yang cinta mati nian, sayang nian, punya hobi unik seperti menunggu, menemani di perpustakaan, ngetik tugas, translate bahan, cari bahan di inet!!! Kalau belum nemuke type yang seperti itu…gak berani deh pacarannnn. Terus kalau pacaran siap siap mencium bau feses, darah, air ketuban, formalin, mayat…(wah nambah sereeeem!!)
  • Nah ini masalahnya!!! Pacaran dengan dokter itu jarang nian langgeng… Satu bulan udah ribut, 2 bulan dicuekin, 3 bulan putus, terus bulan keempat dapet yang baru.. Itu lingkaran setannya. Mending kenal, nikah, langsung punya anak! Itu jalan yang terbaik.
  • Mau nikah!!! PTT belum, klinik dak ada, ortu maseh berharap banyak, keinginan ngambil spesialis tertanam di hati. Kayaknya sekitar umur 40 an deh baru nikah…mungkin yang dokter cewek nyari suami yang kaya raya aja biar umur 30 an bisa nikah..🙂
  • Kalau nikah sesama dokter!! Udah terbayang suasana di meja makan, kamar tidur, kamar mandi (lho kok,,?)! Ngomongi TBC, AIDS, feses, darah, pasien meninggal.. Nambah pening kalau nikah dengan non dokter! Diajak ngomong TBC dsangka kita ngatain dia kena TBC.. Kalo diajak ngomong AIDS, langsung nangis dan bilang “sumpah!! Aku bukan OIDA”, …diajak ngomong darah/feses, langsung melayang piring ke wajah kita.. Diajak ngomong orang meninggal dak pacak tidur pulok.. Buah simalakama nian..
  • Punya anak pertama laki-laki, umur sudah 45 tahun…Kaki udah dak kuat lagi maen dengan anak, pinggang lah sakit gendong anak (kena LBP). Anak umur 10 tahun udah keno penyakit degeneratif (kanker payudara, kanker usus, kanker prostat), anak umur 13 tahun sudah mesti check up dan kemoterapi terus, anak belum nikah kita udah tergolek lemas di kursi roda. Sehari sebelum anak kita nikah….kita dipanggil yang diatas! (ampunnnn!!! Seremnyo!!)

originated by Ko Cipta,,

foto Koci,,

  • Pujian, kritik, saran dapat dialamatkan ke ID Friendster Ko Cipta atau ke sini juga boleh kok,,🙂 ,, kalo ada yang punya cerita keren bisa di posting di sini,, ditunggu ya,,🙂
  • Posting ini sudah atas approval dari penulis

52 Balasan ke Sisi Lain Dunia Kedokteran

  1. klikharry mengatakan:

    CIP, jangan bersedih, perjalanan hidupmu masih panjang, s
    sepanjang puntung rokok…he..he…
    *kabur….*

  2. saRa mengatakan:

    huaHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    benaaaaaaaaaar sekali!!!!!!!!!!!!!!!
    kayaknya emang serba salah klo hidup walau dengan sedikit aja sentuhan “kedokteran”

    nice2,,

    tpi emang ada dan banyak enaknya juga sih,,,
    huehehhee
    *sok tau*

    -SaRa-

  3. tata mengatakan:

    Wadoeh!!! Gak seburuk itu lhaaa… see the bright site-nya dwooong… oh btw… sbg calon profesional… enak lhoo jd dokter… klo tua, pensiun msh bnyk hal yg bisa kita lakuin… dr jd dosen, peneliti, pembimbing penelitian… hmmmp…profesor… terus… ya praktek kalo msh mampu… jd tuanya gak sepi2 bgt… dan msh bs berfungsi… amin… (*lhoo…) Goodluck dengan koasnya ya… percaya dee koas itu sarat memori… takkan terganti… bahkan cacian mulut rombeng ibu2 perawat aja bs jadi ngangenin selesai koas dengan kebingungan mau ngapain…. rajin2 berfoto yaaa… kapan saja dimana saja…hehehe… kerasa niyy gw klo liat foto2 lama… (*halaaaah- br 6 bln jd dokter…gak penteeeeng…) Jia you my fren~…..

  4. VLa''Quwh mengatakan:

    setuju..setuju…😀

  5. ninis_kg mengatakan:

    Waduh bener bangget tuh… udah kulnya susah, tanggung jawabnya gede,., emang c kalo mw jdi public figure ya begini ini,,, tapi tenang aja mas, semua hal di dunia ini gak akan ada sisi enaknya aja, tul gak? kayak mw beol misalnya, kita kan skit perut dulu pas ketemu kloset terus boker baru deh terasa enaknya… mak nyus… hahaha apa coba? ya pokoknya itu resiko…
    Lagi bingung nich, nurutin kemauan emak gw yang pengen punya mantu seorang dokter… ada yg mau gk ya sm gw? whuahahahahaha…. Oh emakku sayang umurku masih 19 tahun, masih lama kalee’…

  6. AuLia mengatakan:

    huAhAhAhAHHHHHaaaaaaaaaa,,,…LUCUUU NiaN…
    SaLut saLut SaLutt..tOp daH!!!!

    oia..SaLam KeNal buAt kaKak kaKak sMua..
    sBnrNY aK msh Kls 2 sMA nd aK udaH punya Niat peNgeEEn baNgeEEt bisa MaSuk FK UNSRI lwT SPMB ntaR..Jadi Kak..Doain auLia ya bIar LuLus FK SPMB..AMIENNNN…
    —-Bye…Lam KenaL lg—-

  7. Rizma Adlia mengatakan:

    Amin,, didoain deh,, sering sering dateng kesini ya,,🙂

  8. dwi mengatakan:

    hahahahaha,, lucu!
    knpa lucu? karena bener euy, (walo agak belebe hehehe)
    but anyway, gudluck for all of us aj deh ya…

  9. x-ray mengatakan:

    mang sedikit bnyak ada benernya
    pahit getir kehidupan diper”koas”an manyakitkan saat itu.

    tp jangan putus asa
    jangan mengangap itu sebagai musibah,,
    anggaplah itu sebagai perjuangan
    banyak ilmu yang didapat di koas
    jeritan perawat jangan dijadiakn dendam
    tp mereka sbnarnya baik bila kt tau caranya( ado caro dak ee)

    jangan mudah menyerah
    maju terusssss

  10. Rizma Adlia mengatakan:

    oke deh,, berjuang di koas,, hehehehe,,

    tapi koci nih emang belebe,, hehehehehe,,😉

  11. ...HeRa... mengatakan:

    Lucu buanget neh….. Tapi,, klo dipikir” seh bener juga ya…. Hebat,, siapa seh yg buatnya?? jd,, pengen liat orang nya… hehehehe

  12. Rizma Adlia mengatakan:

    ko Cipta,, kenalan aja sama dia,, hahahahaha,,

  13. fifi mengatakan:

    whuahaha..
    aga2 “kena” juga tuh pas nyebut2 ttg “pacar dokter” !! hehe..
    kbetulan cwo aku dokter..
    n EMANG BENER..
    mo diajak nikah, alasennya macem2..
    blom slesei PTT lah..
    masi ngrintis klinik lah..
    ortunya masi pengen liat anaknya “JADI” lah.. (jadi apa lagi yahh????)..
    blom lagi masi ngumpulin uang bwt ambil spesialis..
    Duuuh…jadi kapan dong ngumpulin uangnya bwt nikahin aku ???!!
    hiks.. :p
    padahal umur udah mulai menua nihh!! hehe..
    tapi salutlah bwt kmu2 smua yg emg punya titel Dr..
    lam kenal yaaaa..

  14. slankers Sked mengatakan:

    gua anak Fk yg baru aja lulus, 3 hari lagi gua masuk koas..
    makasih bgt buat tulisannya diatas,
    bagus tuh buat bahan saling berbagi pengalaman …
    disini gua cuma mau bilang kalo gw
    gak takut sama sekali sama koas
    lagian juga di indonesia banyak kok orang udah susah, iya ngga ?
    kita anak Fk mestinya bersyukur, udah mapan lah ..
    “PROF,KONSULEN, RESIDEN,SENIOR, PERAWAT sini lo semua … nih gw anak baru ..
    besok senin gw dateng … gua nggak takut !!!!!!!!!!”

  15. Rizma Adlia mengatakan:

    cieehh,, selamat selamat,, traktiran nih,,😉

  16. klikharry mengatakan:

    slanker..
    welcome to the real jungle…
    kamu takut
    ya memang sewajarnya kamu mesti takut

    kamu harus takut!!!

    waspadalah..waspadalah…
    *he..he..pergi ah*

  17. Ko ci mengatakan:

    hebat nian mental kau slanker… patut diacungi jempol!!!! kalau emang lu brani bersikap konsisten mak itu di perkoasan nanti….aku pasti wong pertamo yang ngasih kau aplaussss!!! jaranng-jarang sih ado yang berani bersikap mak kau….salut deh!!!

  18. ul-ly mengatakan:

    emang segitunya yah…tekadku udah bulat jd dokter,ya jalanin aja!!!

  19. unox_(-_^) mengatakan:

    yang buatna capa ceeehhh…pengen liat oarangnya………(-_^)

  20. Deddy mengatakan:

    Pas bener…

  21. hafiz^KG mengatakan:

    waduch….
    realita nian apo yang di omongke nie…

  22. 1h5@n mengatakan:

    hmn…………….benar juga

  23. sari_to mengatakan:

    aku kemarin baru aja jalan sama dokter, ternyata dokter itu nafsunya gede juga ya, sampai aku sendiri kaget, awalnya aku bangga bakal dapat pacar dokter, tapi setelah tau itu, lebih baik ambil langkah 10000000, ih serem

  24. Irvan mengatakan:

    Susah dak seh jadi dokter tu?
    Aku masi kelas 2SMA ne..
    Tapi ngeri gek samo mayat tros jingok wonk sakit teros tiap ari….
    Banyak duit dak e jadi dokter..
    Biasonyo umur berapo lulus kedokteran?
    aku kecepetan skul 1 taun…
    Umur 25 la lulus lum?
    Susah dak kul nya?
    hmhmhm…
    Menyeramkan..
    Dokter po teknik elektro e yang mendingan….
    Tolong jawab abang2 dan tante2…

  25. erzk mengatakan:

    waakss..sgitu susahny y jd doKTer?
    Jgn liat dr segi susahnya gitu dong mas..bisa ngecilin keinginaN org yg mw msuk Fk..(bgsLh,ngecik’i saingan^^)
    yg pst, ak ttp nk jd dktr!!
    doakn aK y..

  26. anud mengatakan:

    Huahaaaa…..
    Benr bgt tuch,Saluut….salut…..kok bs Punya ide Buat tulisan yG begituaan ya….
    biarpun Drq belm koas,Pastinya seRruuu…….
    Masalah Cr Pcr,emang Beeeener.Gak usah Susah2 Nyarii…..hehehe….
    Tinggl diKasih Senyum Aja uDah Klepek2……
    Cayooooo

  27. kisahdoktermuda mengatakan:

    salam kenal Bro..gue anak FK Unlam Banjarmasin..
    MEnarik tulisannya..n gue senaaang liat cara elo nulis..
    ya realita koass n dokter itu emang sama dimana2..
    keep spirit..
    kpn2 main ke blog ku : kisahdoktermuda.wordpress.com

  28. indie99 mengatakan:

    semuanya benar
    karena yang kita alami juga beda2..
    tapi satu hal
    pengalaman jadi koas amat sangat berharga..
    menundukkan ketinggian hati dan menyemai rasa simpati
    insyaAllah di masa datang akan menuai indah🙂
    tetap semangat ya adik2..
    koas di RSMH tu emang penuh derita, perjuangan, bahkan air mata
    tapi banyak juga tawa dan ceria yang bisa kita lewatkan bersama teman2 sejati
    (luv u nurhayati…:) hiks jadi kangeen)..
    untuk iye’, ija, nday, wita, sari , pepie, santa..
    kapan ooo ngumpul2…
    (ai men la samo laki lupo.. heee awak dewek:D

  29. cipta mengatakan:

    ternyata setelah aku ngelewati perjuangan menjadi dokter…..enak juga sih kalau kita bisa memandang kerjaan kita dari berbagai sisi. mungkin tulisan masa koasku ini hanyalah mengambil ke dalam satu sisi saja.
    be a good doctor….!!! always…not a commercial one

  30. Anonim mengatakan:

    dont woriy be happy

  31. mutyara mengatakan:

    kak jadi dokter itu menyeramkan apa menggiurkan iia ?
    soalnya saya ada niat mau FK kdkteran, dan tahun ini saya kelas 3 sma.

  32. mutyara mengatakan:

    kak jadi dokter itu menakutkan apa menggiurkan ?
    soalnya tahun ini kls 3 sma dan saya ada niat untuk masub ke FK itu.

  33. ninoo mengatakan:

    aku cinta mati sm kedokteran……..semoga para dokter & calon dokter indonesia terbuka hatix untuk tulus membantu,…………bkn hny melihat dr materi sj………AMIN

  34. Rindy mengatakan:

    hahahahaha.. baca tulisan ini ketawa ketiwi sendiri.. oh trnyata seperti itu ya..^^

  35. tri aprianti mengatakan:

    haaaaahaaahaaa,,,,,

    bc komen buatketawa,,,,
    mnrt q yg di blng kk td bnrn pa lg yg maslh ujian ,,,,
    terkdg qt pengen jalan or ngapin lah tp kl inget ujian eeee semua gagal, blm lg ujiannnya sm dr yg bnyk naya…
    enk kl bnyk naya d ksh nilai bsr, udh kritik mikirin jawabanya eeee mash dpt nilai standar jg ,,,,,:) ,,,,,,hhohohoohohohooooooohohohohhoo

  36. Anonim mengatakan:

    klo bgtu. enaknya jadi dokter apa lo?…kok ribetnya doang yang ditulis….

  37. Nm mengatakan:

    Ehm, menurut saya ada benarnya juga sih, tp mungkin sbgian bsr bnyk pcaran sesama dokter tahan lama deh, krn mngkn 1 fakultas, jd saling mengerti juga, profesi dan kegiatan masing2, apalgi kalo seangkatan, bisa saling mendukung dlm bljr . Apalgi lab nya kedok kan sangat membosankan, entah itu anatomi,histo,dll. Jdi saling berbagi. Tp goodlah artikel ni.:)

  38. Anonim mengatakan:

    eheemm 99,99 % gw banget bro …
    sama kaya yg gw alami ….

  39. yeni mengatakan:

    Pengen cari pacar dokter

  40. agatha mengatakan:

    Kalo aku malah cari pacar dokter karena aku perawat.kako nyari di luar medis takut mereka ƍäª ƍäª cocok jam kerjanya,nt! Komplain kok malam kerja

  41. Ana Indah Suryati mengatakan:

    Hhahaha lucu .. Tapi ada betulnya juga sih ,, saya lagi cari pacar kalau bisa dokter sih karena impian saya dari kecil bagaikan “CINDERELLA” :*

  42. tika mengatakan:

    saya pacar calon dokter. selama dia pendidikan sampai saat ini masih bertahan. tapi yah itu kalo pengen bicarain yang serius soal nikah pasti suruh nunggu dulu. padahal tuanya wanita dan laki2 kan beda.
    dan menunggu tanpa kepastian itu jujur sangat menyulitkan.

    semangat buat para calon dokter dan para dokter.. ^^

  43. Anonim mengatakan:

    Bener banget, lw dari pengalaman yang saya alami tu anak2 dm muda tu gampang banget dpet pcar waktu koas, bisa gonta-ganti trus ,,,

  44. yuni mengatakan:

    Haha kaya cwoku lg jalan bareng sama aq ..
    Tiba kentut keras banget.. spontan aq bilang , jorok banget ahh
    Dengan santai dy berkata, pasienku aja waktu operasiq kentut diam aja…

  45. obat asam urat herbal mengatakan:

    What’s Taking place i’m new to this, I stumbled upon this I
    have found It absolutely helpful and it has aided me out loads.
    I hope to contribute & help other users like its helped me.
    Great job.

  46. anita mustika ibrahim mengatakan:

    Aku udh pernah rasain pcrn ama dokter. Emg rsax gag enak skli. Dikit2 bahasnya lari ke penyakittt 😡 dikit2 sibuk….apalah. ditunggu kapaaaaan sms. Kapppppaaaa ditlpn ato bbm. Gag ada kabar….
    apalgi law dianya tuh gampang ngambek ama aku. Aku tuh emang cuek. Aku emang setia dn tabah dalam hal menunggu. Maklum udh biasa di gitui sejak dl 😢…. aku tuh pengen kyk org lain… pengen dibbm teruS. Yaaa gag munafik ay butuh perhatian lebih. Tp dia butuh mungkin lbh pengertianq. 😢

    Yang takutnya. Jgn sampe kita udh lama menjalin hub.eh malah broken. Enth dia yg putusin aku atopun tdk. Klw aku gag mungkin. Krna aku gag mw dpt karma. aku takut kalau dia digodain para perawat ama bidan😨 hatiku bisa remuK. Bernafas aja kayak nyesek….
    tp itu duluuu….😧

  47. Wily mengatakan:

    Dokter itu pekerjaan mulia. Aku juga ingin punya istri dokter, apalagi dokter yang sering memberikan pengobatan gratis buat masyarakat miskin. dokter tuh punya jiwa sosial yang tinggi. kalau kata orang punya istri dokter harus siap berbagi dengan banyak orang, harus siap-siap kehilangan waktu bersama keluarga apalagi dokter spesialis. menurut aku itu kan pekerjaan mulia, silahkan saja asalkan jangan selingkuh, percaya aja. lagian aku juga hidup di dunia proyek, kadang harus bekerja sampai malam, kadang tak pulang, istri dokter ini sangat ideal buatku, aku kan ngak perlu mikirkan nasib istriku dirumah, ahh paling-paling masih sibuk mengobati pasien di rumah sakit. paling senang kalau dapat istri dokter spesialis bedah organ dalam jantung. biasanya kan sibuk banget tuh. bagiku istriku tuh cukup ada waktu sabtu/minggu hari besar keagamaan. aku kan punya kerjaan & tugas, berharap punya istri dokter agar dia bisa menyibukkan diri dengan mengobati orang. Amin🙂

  48. Wily mengatakan:

    Dokter kan juga manusia, kadang orang beranggapan kalau orang cari pasangan dokter pasti mau hidup enak. motif orang kan beda-beda, kalau pandanganku sih dokter itu baik, kalau ada orang yang mau menolong orang lain yang sedang sakit pasti orangnya baik. walaupun mungkin dengan biaya yah wajarlah kan yang penting niatnya. satu lagi alasannya kalau sudah jodoh ya terima aja. tentang penyakit yang dibahas, namanya dokter, kalau membahas harga cabai namanya pedagang, kalau membahas siapa calon Presiden 2019 namanya politikus. kalau calon dokter mati bunuh diri, itulah gunanya punya pasangan ya didukunglah cita-citanya, buku setebal itu harus dibaca dihapal, hanya orang hebat yang bisa. kalau punya pacar ngak bisa dihubungi, sms ngak dibalas, telepon ngak dibalas, itu namanya resiko, harus mengerti namanya juga belajar. Masalah gaji dokter yang tinggi, kita kan menikah dokter kan bukan numpang hidup, sebagai contoh 10 besar profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia, dokter spesialis menempati urutan ke 4, sedangkan profesi saya ahli konstruksi menempati urutan ke 9. Apapun pekerjaannya cinta tetaplah cinta🙂 kalau dia sibuk kan pintu rumah sakit terbuka lebar buat kunjungan pasangan🙂

  49. tiwi mengatakan:

    menurut ku tidak semua seperti apa yg diceritakan… siapa bilang… emang tamat dan selesai dari kedokteran cukup lama terus cari kerja, terus cari pasangan bnr kan!!! beda ama aku… sebut aja aku tiwi, aku udah pernah kuliah dan mendapat gelar d3 dan sekarang umur ku udah gak muda lagi tapi aku malah lanjut kuliah kedokteran ini semester ke 2 ku sulit bagi ku kadang belajar diusia ku sekarang…. pacar aja aku kesulitan untuk cari…tapi walau pun gitu, tujuan utama aku menyelesaikan kuliah ku sampai selesai dan mengabdi itu tujuan utama ku

  50. septi mengatakan:

    ngga susah jg pcaran sm dokter.. gue nyaman tuh dan ngga se ekstrim cerita diatas… yg pasti seorang dokter mncari psangan hdup yg cerdas juga.. bs imbangi dia . hrus extra sabar extra pgertian…

  51. Jayceeca mengatakan:

    Memang sebagian besar yang diomingin bener. Sudah spesialis, tapi masih ambil lagi, ambil lagi. Padahal waktu pertama x kenal dia itu, masih kuliah. Sampe hari ini, masih begitu.. hiks

  52. amalia mengatakan:

    Astagfirullah maaf saya baru baca… Sejak baca dari awal sampai akhir saya ngakak terus, iya pengalaman dikit tp benar yg namanya sabar adalah utama bukan hya kpd pasangan dokter tp untuk semua demi keluarga yg SaMaWa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: