Siap2 jadi dokter muda…..!!!

Kerja jadi dokter muda di RS.. rasanya macem macem.. Kadang ada dokter muda yang semakin matang baik fisik dan mentalnya sejak bekerja sambil belajar di RS, tapi ada juga yang syok, gak nyangka kalau di RS tuh kehidupannya sekeras militer…????

Ibaratnya kalau pendidikan polisi 70% fisik 30% otak, kalo kita kebalik, 30% fisik 70% otak…tapi sama2 keras, sama2 mengguncang mentalitas, nalar, cara berpikir (hallaahh,,). Sama2 menggunakan subconscious mind, conscious mind, superconscious mind, dan no mind manusia. Maka dari itu. Ada baiknya sebelum masuk RS, para calon dokter muda mesti membaca blog ini..🙂

Lagi lagi karya ko Cipta yang seru dan lucu,, selamat membaca,,!!

Nico bukan maen bangganya pertama kali pake baju putih (biar agak mirip tukang cukur/tukang roti).. Stetoskop direntangkan di bahu, senter dan gunting di kantong, EKG di tangan (hi3).. Hari ini aku jadi dokter!!!! Apalagi kebetulan dia bertugas di UGD. Seraso dak nyentuh tanah lagi masuk ke ruangan jaga saking bangganya (arogansi dokter muda yang belum tau apa2).. Baru selangkah nak masuk pintu.. ”Dek, tolong beliin kakak nasi PPNI, terus anter ke kamar residen! Gak pake lama ya!!!” Gdubrakkkkk….. Nico tertegun lemas, melamunnnn…terus melamunnnn…hancur sudah segala khayalannya!!!!!! Dia SALAH Paham lagi ……pokoknya terus melamun…melamun!!! Akhirnya dia didiagnosa menderita Skizofrenia. Cita2 jadi dokternya berantakan….dia di-drop out oleh Fakultas.

Putu seorang idealis sejati, seorang aktivis mahasiswa.. waktu Irak di serang AS dio maju ke depan kelas sambil teriak2 “Jangan pakai produk AS!!!!!! Ayooo, kita jihad ke Irakkk!!! (biarpun sedikit orang yang ngikutin, karena mahasiswa kedokteran sadar kalau gak pake komputer+internet yang produk AS itu mereka ongok2 be di Kedokteran, maseh pake textbook karangan Hipocrates (Emangnya Hipocrates orang AS??)).. Pokoknya gak ada yang dia takutin. Ternyata setalah masuk RS, dia baru tau kalau selama ini dia BULLLSHIT be……ngadepin perawat senior be mase agak munafik2 dikit, apalagi ngadepin yang lebih diatas statusnya, jangankan ngadepin AS di Irak sano, ngelawan perawat senior yang males2 bangun waktu jaga, males ngurusin pasien waktu jaga aja dia gak berkutik, samo ngebelain kawan kita yang dijelek2in perawat di depan residen dan konsulen aja dak berani… Jiwanya terguncang, dia malu menghadapi kawannya. Dia merasa ada bisikan gaib setiap malam yang menyuruhnya untuk pergi berjihad ke Irak….kini dia berada dalam perawatan dokter ahli jiwa dengan diagnosis awal skizofrenia+psikopat.

Verdi seorang jenius, gak mau kalah kalau berdebat soal ilmu atau soal2 kehidupan.. emang benar!! Seorang jenius ditakdirkan mengubah dunia.. Dia berani ngebantah konsulen2, berani ngajarin resdien, berani ngomongin perawat kalau malem tuh kalo ada pasien yo ambekkelah darahnya!! Masak dokter muda ngurusin galo2nyo (bukannyo dak ado gawean laen)…Alhasil gak tamat tamat a.k.a jadi mahasiwa abadi.. kawan2 seangkatan yang diem2 be lah lamo jadi dokter, malah lah ado yang ngambek spesialis!.. Verdi frustasi dengan ketidakadilan, karena attitude yang diutamakan, bukan ilmu!!! Kalau attitude yang diartikan secara benar gak masalah.. tapi banyak yang menyalahartikannn kata2 attitude.. Verdi memilih keluar!!!! Gak mau jadi dokter. Dia pergi ke Singapura (jenius Indonesia mana yang dak di terima di Singapura!! Itulah bedanya sistem di Indonesia), dia ingin buktikan dirinya bisa menjadi dokter yang ber-attitude di sana.. Dunia kedokteran Indonesia gak menyadari sudah kehilangan seorang jenius!!

3 cerita diatas hanya semacam ilustrasi, betapa beratnya kehidupan dokter muda di RS, maka dari itu sebaiknya ikutin tips2 dibawah ini agak anda tidak tersandung masalah…..

  • Buang jauh jauhhhhhhh segala idealisme kamu!!!! intinyo mak ini, disuruh ini nurut!! Disuruh itu nurut!! disuruh siapapun, disuruh apapun, janganlah ngebantah yang dak keruan.. turutin dulu!!! Mau lulus kan……!!!
  • Jaga nama baik antar teman, jangan saling menjelek2kan, kalau ada nama teman kita yang jelek ya coba di bela, baik itu dengan konsulen, residen, perawat, pekarya.
  • Berusahalah jangan menonjol…diem2 be!!! Kalau kita pinter, cukup kamu dan orang sekitar kamu yang tau, dak perlu kan yang laen tau?? Kalau nggak, siap2 ngadepin penguji yang killer2 sampe kamu teler.
  • Jangan lugu2 nian, licik smart dikit lah!!! Picik dikit (asal dak ngerugike), munafik dikit, menjilat dikit….gak masalah kan??
  • Hati2 bersikap dengan pasien, biar bertingkah jangan ditanggepin, jangan sekali2 marahin pasien!!! Biar mereka askin kalau gak ada mereka kita gak bisa jadi dokter…dan yang lebih parah biar askin tetep be koneksi mereka bisa salah satu dari pejabat2, konsulen, residen… jadi hati2!!
  • Carilah kawan yang bener2 kamu percayai, bisa saling membantu, saling menjaga…kalau pacak sedikit2 be.. Ringan tangan itu penting, jangan saling perhitungan dalam kerja, apalagi dengan teman, yang dapat kamu lakuin ya kerjakan, yang dapat kamu bantu apa salahnya mengulurkan tangan.. jadi bila kamu kesulitan ya ada orang yang siap membantu kamu. Percayalah……
  • Cerita ke temen itu penting, jangan disimpan ke hati setiap masalah yang ada. Kamu mau nangis, mau ngeludah, mau mecahin TV (mahal woi!!)…pokoknya dilampiaskan, jangan kamu melamunnnn be! setiap mau ujian, coba tanyoke dulu ke kakak2 tingkat soalnyo, triknyo, dan tips ngadepi konsulen terkait, biasonyo samo yang ditanyoke.. tetep tenang, confident itu yang penting!!
  • Jaga attiude, biarpun sering disalahartikan…pokoknya buat sekarang ikutin be segala kesalahartian itu.
  • Untuk menghindari kejadian stagnansi, segeralah rapat, atur sendiri stase.. Gak ada money politic lagi, gak ada koneksian, konspirasi!!! Pokoknya jangan diserahin ke fakultas, buktinya angkatan 2001…..sudah mentok!!! Baru kami yang disuruh ngatur, alhasil kami mesti stagnasi 6-7x….tebayang gak angkatan kalian nanti gimana. (Hiks!!!)

NB: Buat adik2ku tercinta…yang akan segera masuk atau baru masuk ke lingkungann RS!!!!! jangan berbangga dulu sebelum anda memasukinya!!! Tapi tetep semangat dan bejuang terus demi KEHIDUPAN. Inget trus tujuan kita…Jadi Dokter yang Akan menyelamatkan Manusia…Sabar2 sedikit yang gak papa! Surga menanti. Kalau kalian ada yang gak ngerti hubungi be nama2 di bawah ini, aku yakin galo orang di bawah ini akan membantu kalian, karena mereka2 lah yang terbaik, tercantik, termanis terpinter nggak egois dan Sorga menanti mereka

Temen2 sehidup semati di G-ev, si super pelit verdi, si super polos nico, si super lucu Cipta, si super kaya Irca, si super dak peka Puspa, si super peresentasi Erti, si super ceria Putri, si perfeksionis Putu, si emosi Agus, si Keibuan Ria. Semoga kita segera jadi dokter….Inget temen!! Stgnasi bukan jalan yang memisahkan kita, tapi yang menyatukan kita! Jalan yan kita tempuh bersama akan selalu dikenang.

Temen2 yan akrab dengan G-ev (khusunya para lelaki G-ev)….si jago analisa Ima, si jenius Soma, si cantik Tiara, si manis jembatan ancol Cici, si dak keruan Enti, Fera!!!!

originated by Ko Cipta,,

foto Koci,,

  • Pujian, kritik, saran dapat dialamatkan ke ID Friendster Ko Cipta,, kalo ada yang punya cerita keren bisa di posting di sini,, ditunggu ya,, )
  • Posting ini sudah atas approval dari penulis

47 Balasan ke Siap2 jadi dokter muda…..!!!

  1. indah mengatakan:

    hwehe…lucu tapi berisi!!
    Makasih ya ,kak…uda bagi2 pengalaman dan ngasih tips2 spy se;lamat sampe tujuan (jadi dokter)
    dan smoga stagnasi ga tambah parah aja,,,kami yg angk 2004 mau lulus taun brapa klo kena stagnan terus…
    Met berjuan ya,kak!!

  2. fifi mengatakan:

    ass.
    q blum kul, mo kut spmb tanya. demi kemantapan milih jurusan, boleh nanya kan?PTT apa ya? trus klo di FK kulnya lama ya?harus ambil s2 biar bs kerja minimal di RS?
    bls
    Wass

  3. Rizma Adlia mengatakan:

    udah di jawab di pertanyaan sebelomnya Fi,,🙂

  4. es_mhe mengatakan:

    hehe…
    ternyata,,sunguh berat ya perjuangan kita,
    can we change it?
    oopsss… gk deh, gk usah di ubah…biarin aja sistemnya kayak gitu kan seru juga nti buat diceritain ke anak cucu (sebenernya seh karena takut gk lulus…gk mau lah jadi karatan di efka secara kuliahnya aja udah bikin lumutan)

  5. fifi mengatakan:

    udah djawab y? dmn mbak eh..(bener mbak kan?)…jawab lagi dunk…y…emang naroh jawabannya dmn…?

  6. Rizma Adlia mengatakan:

    di pertanyaan Fifi yang pertama,, di Abis jadi dokter mau jadi apa,,?
    🙂

  7. aulia mengatakan:

    kerennnnnn….tu seh kesanku pertama baca judulnya…kirain apaan…trnyta….lucu jg…tapi bagus kok bisa bagi2 tips gt…moga kita bs jadi dokter yang sukses nantinya…amin…jd dokter hrs smgt!!!
    …sambut pagi dgn senyum….
    …….awali hari dgn doa….
    ,,,,,,,,,,hiasi dgn cnt…………….

  8. aulia mengatakan:

    eh,lp…
    blh nanya gk??
    angkatan brp seh?FK mana?
    aku msh smt 4….msh imut2….he3
    sukses ya buat masnya….

  9. Rizma Adlia mengatakan:

    ko cipta angkatan 2001,,🙂

  10. Nico mengatakan:

    ko cipta itu orangnya lucu ya dik…pasti ganteng! hi3

  11. Rizma Adlia mengatakan:

    ciee,, Kak Nico nih,, bantu promosi,,🙂

  12. Panglima mengatakan:

    Kamu udah jadi dokter ya? Congarats then ^^ Btw, saya mengharap partisipasi para dokter di forum saya yg baru dibuat 31 mei 2007.. http://bincangprofesi.com/forum/index.php –> Arena berbincang yg tersegmen untuk para kalangan profesi dari dokter, pengacara, akuntan, sampai entertainer, dan lain-lain di Indonesia.

    Tujuan saya membuat situs itu adalah untuk Menghimpun komunitas milis-milis menjadi satu, Untuk wadah diskusi yg lebih komprehensif, terorganisir, dan menyenangkan dengan interface yg rapi.

    Diharapkan dengan adanya situs ini nanti segala diskusi berhubungan dengan profesi kita masing-masing tidak lagi berpencar-pencar dalam milist, namun diarsipkan/disatukan sehingga dapat bolak balik di search dan dibaca dengan mudah.

    Mau gak ikut partisipasi? Nanti boleh nyoba jadi mod kalo mau.. ^^

    Regards,
    N. Larasati, S.H.

  13. Rizma Adlia mengatakan:

    wah,, kita pada blom jadi dokter nih,, masih anak FK,,😛

    ntar diajakin deh kakak kakak dokter yang lain,, makasih

  14. diAnAtma mengatakan:

    tadi pas gw baca agak-agak nyeremin jadi kebayang gimana yah nasib gw klo dah koas nanti, kuliah tiap hari dari jam 7-3 sore aja dah kelenger. gila sistem blok ngebuat gw mabok. da yang punga usul cara belajar yang efisien truz buat ngatasin stress belajar???

  15. Ma!!! mengatakan:

    hahahaha,, Ma kira malah sistem blok lebih enak lho,, -rumput tetangga,, biasa-

    Hmm,, kalo Ma udah tau Ma kabarin dehh,, -kok Ma ga yakin dapet jawabannya ya,,-😛

  16. fuad mengatakan:

    ass..
    slm perkenalan yah..cuman pengen ikutan aja..
    aku fuad,ank kdokteran uii-jogja ,baru smt 1 sih..tp rasanya kayak dah jd dokter beneran..
    emang gila yah kdokteran tuh..
    kuliah tiada henti,buku yg tebel2 kyk bogem..
    tp insya allh dibalik smuanya pasti surga akan menanti dokter2 yg dengan ikhlas hati menolong orang2 yg sakit…heheheheheh
    gud lak yah bwt smua..
    moga kita bs mnjadi dokter yg sukses kelak…amin…………….

  17. aMaLLia mengatakan:

    Heeeee……
    LuCu,,,
    seBenerNya aQ daRi FK Unsyiah,,
    saLAm keNaL smua

  18. Rizma mengatakan:

    salam kenal jugaaa,, ada anak Unsyiah juga lho di sini, namanya Asep,,😀

  19. divi mengatakan:

    WAKAKAKAKAKA bener bgt tuh!!btw kenalkan gw divi koass dr univ YARSI jkt. btw ge dah koass hampir 2 thn tgl 1 stase lg doakan yah!! buat adik2 jgn takut kalo dilewatin one by ine pasti gak kerasa deh!! gambatte!! semangat!!

  20. pita mengatakan:

    wah..seru nie diskusinya jadi pengen nimbrung…

    emg butuh p’juangan extra keras u/ jd seorng dokter..
    aku aj yg bru jd ank efka (bru sem 1) dah stress, tp ada senengnya jg..
    jd pengen cepet2 lulus..amien

    bagi2 tips dunk, gmana cara bljar yg bener tapi te2p asik di FK..
    mksg bgt yaw..

    bwt Xan moga cepet jd dokter dech..

  21. Yee mengatakan:

    Aku fk unlam 2002. Skrg lg stase dpeny. Dalam.capek

  22. ratu mengatakan:

    kaciaaan….para dokter belajarnya cuapeee buanget pas udah luluzz jaga di klinik 24 jm cuape dech…duitnya ga ada ga setimpal ma belajar kt broo……enak jadi bidan kali ye….orag lahiran duitnye gede broo….ane pusiiing……….

  23. Adimas mengatakan:

    “ngadepin perawat senior be mase agak munafik2 dikit, apalagi ngadepin yang lebih diatas statusnya” maksudnya apaan tuh bos?emang situ pikir dokter itu lebih tinggi statusnya dari perawat, enak aja !!!!!!!

  24. fahrina mengatakan:

    huh…

    jdi takut…

  25. dyah mengatakan:

    apa benar tuhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!

  26. dyah lagi mengatakan:

    mungkin benar kali ya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. aulia mengatakan:

    kyknya semua koass di seantero nusantara itu senasib aja..
    salam kenal dari kisahdoktermuda.wordpress.com

  28. NURUL MUFIDAH mengatakan:

    TO THE POINT AJA,GIMANA SI CARAX JADI DOKTER COZ ITU TERMASUK CITA2KU

  29. Dede HImawan mengatakan:

    Hi …

    Cerita nya lumayan membantu…

    Q gugup BANGET nieh…

    Rasa di otak masieh “KOSONG”

    Mohon bantuan and sarannya lagi…

    PLEASE_PLEASE_PLEASE (dr_dedefk@yahoo.co.id)

  30. poppy mengatakan:

    ternyata koas dmn2 nasibnya sama yak…
    slalu bermasalah sm p*****t yg males2an..
    hehehehe…lucu bgt!

    tetep semangat! insyaallah kita jd dokter yg berguna dan sukses..amin.

  31. mentari mengatakan:

    buat yg blm msk,pkr 2x sblm msk fk.sekolah sulit,mahal,lama,capek deh pokoknya.dah lulus tyt kehidupan dokter tak seindah bygn.beda dg dokter2 jadul.dokter skrg melaz bgt!g pcy?rasakan aja sendiri.aku udah 2 th jd dokter dijawa.

    • akmal mengatakan:

      akml mw tnya ni dok…knp melaz bgt jd dkter skrng?
      ap krn ud terlalu bnyak dokter d tmpt prktek dkter ato bnyak x sarjan hukum yg soroti qt?

      akml mw msk koas thn ni…let 05 FK Unsyiah

      blh tnya yng laen lg gk dok?
      bd FB? add akml di akmalfachrial@plasa.com ya…

  32. dewi.masitha mengatakan:

    bisa kasih tau gak populasi pasien diabetes (berbagai tipe) di poli penyakit dalam RS Saiful Anwar Malang setiap bulannya. terimakasih

  33. frina mengatakan:

    wah,,,,kasih tau donk,,,cara2 persiapan tes kedokteran ,,
    tolong yah kirimnya ke email sy,,

  34. patabara mengatakan:

    aq baru saja tersadar ternyata aq bukan satu-satunya coas yang menderita.
    tapi coba bayangkan, aq dihentikan 6 minggu dengan surat punishment dekan tanpa penjelasan kesalahanku apa, jika pun ternyata aq bersalah, selama ini tidak ada peringatan lisan dan tertulis sebelum jatuhnya punishment ini.
    segala advokasi sudah kutempuh dan gagal. banyak pihak menyarankan membawa kasusku ke jalur hukum karena kesewenang-wenangan dekan memberi punishment yang tanpa alasan, subjektif, irrasional, dan tidak sesuai prosedur. namun aq diancam gagal meneruskan pendidikanku jika kasus ini terseret ke jalur hukum ataupun media.
    APAKAH ADA KONSPIRASI UNTUK MENGGAGALKAN CITA-CITAKU JADI DOKTER ???

  35. Dwi mengatakan:

    Cerita koas jaman dulu (ga dulu2 bgt ya :D), yang skrg uda jadi dokter =)
    No pain no gain, so semangat!!!
    Kami akan segera menyusul, insya Allah ^^

  36. mitha mengatakan:

    gmna sih cra jadi dokter ssah G????????

  37. Acong mengatakan:

    makanya lebih baik jadi kandidat Doktor di bidang Komunikasi dan multimedia. Sebagai komunikolog dan kandidat doktor komunikasi dan multimedia, saya ikut menyarankan silahkan mendalami duni programmer dan multimedia

  38. yuwanita mengatakan:

    haduhh…jadi takut nie.. pdhal tgl 1 mggu lagi uda Coass.. hikzzz. tp harus tetap semangatttt…!!!! pasti bisa jadi dokter.. ^_^

  39. Anonim mengatakan:

    perasaan perawat ngga gt semua due…

  40. Dee mengatakan:

    Moga2 pas coas gk kaya cerita yg di atas T_T

  41. Anonim mengatakan:

    trimakasih atas inspirasinya …… aku akan bangka banget kalau jadi dokter walau pun keras yang harus dijalanin aku akan sabar menghadapinya

    thank you for all

  42. Vina Smart mengatakan:

    aq ingin jd dokter

  43. ANHA mengatakan:

    Ass…Aku lg penelitian di RS tentang malaria ,, ngasih tips-tips dong buat aku meriksa pasien ku..soalnya Baru pertamakali dan sangat gugup rasanya… THANKZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: