Abis jadi dokter mau jadi apa??

Ternyata banyak juga yang bisa kita pilih begitu kita udah jadi dokter,, bisa jadi spesialis (PTT dulu tapi!!),, (yang artinya bakal kuliah lagi), bisa langsung praktek aja (Lagi lagi,, PTT dulu!), ambil S2 yang berhubungan sama kedokteran, medis ataupun adminsitrasi,, jadi peneliti!! jadi dosen,, (bisa setelah ambil spesialis ato S2 laennya),, dokter keluarga,, (yang sekarang kabar kabarnya lagi musim),, lumayan variatif kan,,

spesialis aja macem macem!!

Spesialis

Jadi spesialis juga ada macem macem jenisnya,, waktu buat jadi spesialisnya juga beda beda,, bisa dari 3,5 tahun ampe 5 tahun,, (harganya juga beda beda!) belom pake nambah K-nya itu,, (Konsulen),, bakal lebih lama lagi,,

yang ditebelin itu yang ada di FK Unsri spesialisnya,, (moga moga udah lengkap)

  • Sp.A – spesialis anak
  • Sp.An – spesialis anastesi
  • Sp.And – spesialis andrologi
  • Sp.B – spesialis bedah umum
    • Sp.B.Onk – spesialis bedah onkologi
    • Sp.BA – spesialis bedah anak
    • Sp.BO – spesialis bedah orthopedi
    • Sp.BM – spesialis bedah mulut
    • Sp.BP – spesialis bedah plastik
    • Sp.BS – spesialis bedah syaraf
    • Sp.BU – spesialis bedah urologi
  • Sp.F – spesialis kedokteran forensik
  • Sp.G – spesialis gizi
  • Sp.GK – spesialis gizi klinik
  • Sp.JP – spesialis jantung dan pembuluh darah
  • Sp.KG – spesialis konservasi gigi (termasuk penambalan dan perawatan urat saraf gigi)
  • Sp.KGA – spesialis kedokteran gigi anak
  • Sp.KJ – spesialis kesehatan jiwa
  • Sp.KK – spesialis penyakit kulit dan kelamin (dermatologi)
  • Sp.KN – spesialis kedokteran nuklir
  • Sp.KO – spesialis kedokteran olahraga
  • Sp.KP – spesialis kedokteran penerbangan
  • Sp.M – spesialis mata
  • Sp.MK – spesialis mikrobiologi klinik
  • Sp.Ort – spesialis orthodonti (meratakan gigi)
  • Sp.OG – spesialis obstetri ginekologi (kebidanan dan kandungan)
  • Sp.OT – spesialis bedah orthopaedi dan traumatologi
  • Sp.P – spesialis paru (pulmonologi)
  • Sp.Perio – spesialis periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi)
  • Sp.PA – spesialis patologi anatomi
  • Sp.PD – spesialis penyakit dalam
  • Sp.PK – spesialis patologi klinik
  • Sp.Pros – spesialis prostodonti (spesialis gigi tiruan, termasuk gigi tiruan lepasan, cekat dan implan)
  • Sp.Rad/Sp.R – spesialis radiologi
  • Sp.RM – spesialis rehabilitasi medik
  • Sp.S – spesialis saraf (neurologi)
  • Sp.THT-KL – spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher
  • Sp.U – Spesialis urologi

S2 yang berhubungan sama kedokteran

  • M.Biomed – Magister Biologi Medik
  • MARS – Magister Rumah Sakit
  • MPH – Magister of Public Health
  • Magister K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
  • Magister Epidemiologi

Now you have it,, tinggal dipilih!!🙂

18 Balasan ke Abis jadi dokter mau jadi apa??

  1. fifi mengatakan:

    Ass.
    tanya nie, thn nie pgn ikut spmb, masih bingung mo ambil apa. klo di kedokteran kuliahnya lama ya? trus apa harus ambil S2 untuk bs kerja, trus PTT yuh apa ya?
    bls y
    wass

  2. Rizma Adlia mengatakan:

    Salam,

    kedokteran kuliahnya sekitar 6 taun, udah kuliah dan koas,, PTT itu kalo mau ambil izin praktek,, ga harus ambil S2 kok,, tapi kalo mau gpp,, masalahnya kan dokter udah banyak sekarang,, gitu,,🙂

    Maksih udah dateng,,🙂

    Salam,

  3. fifi mengatakan:

    wah…lama juga ya, 6 taun, koas ngapain aja sich mbak? ambil izin praktek buat bisa kerja ya? kerja di RS ataw praktek sndr?apa stiap lulusan FK pasti bisa kerja di RS ataw bgmn?
    mbak…tlg djelasin all about FK, yg banyak,mulai dr keg. kul, abiz kul gmn, truz klo ambil S1, kok jd 6 thn kuliahnya(emang ditambah koas sih), tp aq msh bingung, koas tu g trmsk jam kul kan?trus biayanya…?
    mbak, tlg djawab, banyak gpp, klo bs krm ke emailq, q butuh banget mbak….
    ni emailq mbak, shio_fie2@yahoo.co.id
    makasih mbak….tlg ya mbak…

  4. Rizma Adlia mengatakan:

    koas itu belajar secara praktek yang udah kita pelajarin 4 taun sebelumnya,,
    ambil izin praktek buat bisa praktek sama kerja di RS,, tapi kita ga pasti jadi dokter di RS semua, apalagi pegawai negri,,

    jadi dokter S1 kok,, emang lebih lama,, kalo di koas waktunyabisa 24 jam sehari,, bayarnya tergantung, ada yang sama dengan SPP, ada yang nambah lagi,,😉

    kalo penasaran,, dateng ke madang aja,, hehehe,,

  5. fifi mengatakan:

    maaf nanya lg, coz q bth bgt informasi ini. dateng ke madang? apaan tuh mbak?mmm…lha terus klo kita g pasti jd dokter RS, jd apaan dunk?kerja apaan dunk?ky nya cita2 jd dokter sengsara bgt ya, perjuangannya berat bgt, bangeeeeet.rata2 alumni FK kerja dimana?apa ada yg nganggur mbak?(sesuai yg mbak taw)

  6. Rizma Adlia mengatakan:

    madang tuh kampus di palembang,, di belakang RSMH,, ga semua lah di RS gede, praktek pribadi bisa, bikin RS sendiri bisa,, rata rata kerja di mana?? kurang tau,,

    Kakk,, kalian pada kerja dimana aja kak,,?? (dijawab ga ya,, hehehe,,)

    aneh kalo dokter nganggur, kan bisa buka praktek sendiri,,

    Ngapain sih wi???

  7. fifi mengatakan:

    ya klo nggak da pasiennya…hehe…masak gak nganggur….(?)
    yup, makasih……….berat atas jwbnnya….makasih,,,,
    dan maaf udah ngganggu mbak dg ngsih pertanyaan2 yg g mutu..hehe….maaf…maaf….
    ok, mbak…be a good doctor deh!

  8. Rizma Adlia mengatakan:

    hehehe,, banyak manusia di dunia say,, kalopun merek ga sakit, kan bisa tindakan preventif,, dokter ga kaya cuma dari orang sakit kok,,

    Piss!!

  9. x-ray mengatakan:

    bener sekali…
    ka2k aja yang dah 2x ikutan ptt masih gak dapat
    bukaan 800 yang ndaftar 2 rban
    kt masih kalah tua ma yang lain

    tp tenang aja
    kita kan masih bs buka warung kecil2an
    banyak kok klinik di palembang

    tp syaratnya
    loe harus kenal ma penguasa klinik di sana
    karena dr sanalah regenerasi klinik berlangsung…
    tanpa kenal ma ka2k itu loe gaka akan bisa masuk jalur itu,,…
    loe akan cm jadi dokter pengganti….

    jd jangan mals bergaul
    nagan malas berorganisasi
    krn dari sanalah loe bersosialisai….
    kecuali loe punya uang atau mau lanjut sekoah

  10. Priangga mengatakan:

    Aslm.Wr.Wb
    Mbak, emang sekarang masih harus ptt bwt ngambil spesialisasi?
    Prosedur bwt daftar ptt tu gmn ya ? aq msh bingung

  11. Rizma Adlia mengatakan:

    iya sih,, tapi kadang kadang ada kok kebijakan yang bisa ga PTT tapi bisa ambil spesialis,,😉

  12. roy mengatakan:

    ada gak penerimaan PTT sekarang

  13. uli mengatakan:

    halloo mu nanya niy…
    ada info ttg magister rs di indonesia baik yang negeri/swasta?
    bagaimana dgn prospek di singapura/malaysia?apakah lebih menjanjikan jenjang pendidikannya?terima kasih….

  14. sissy mengatakan:

    Wahh….lama juga yaa mbk prosesny utk jd dokter…. sempet nikah gag yaa..? Klo udh kelar S1,,boleh nikah gag ya mbk..? Sambil koas gituu….. tolong djawab ya mbk..ksian kakakku anag kdokteran juga ttu. Trims.

  15. midi mengatakan:

    kalo.cuma jadi dokter umum gimana peluangnya? apa harus jadi spesialis? kmakasih

  16. Anonim mengatakan:

    Gausah jadi dokter laah….gaji kecil pengorbanan waktu uang mental, kalo ga siap mending ga usah daftar kedokteran, jadi dokter itu kebanggaan sendiri bukan buat dibanggakan orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: