PORMAFKA BERMASALAH

Hari itu, tepatnya pada hari Jumat, tanggal 20 April 2007, tim sepakbola angkatan 2001 berhadapan dengan tim sepakbola PSKM. Pertandingan ini dibilang cukup keras, karena diwarnai oleh kartu kuning dan keributan yang terjadi diluar lapangan. Pertandingan yang memperebutkan tiket ke babak final ini baru selesai pada pukul 18.30 WIB. Keesokan harinya, ternyata tim sepakbola PSKM menghubungi pihak panitia Pormafka dan meminta pertandingan tersebut diulang karena mereka merasa berada dibawah intimidasi. Sebagai akibatnya, panitia kemudian menghubungi contact person tim angkatan 2001, Azhar Sani untuk membicarakan masalah ini tanpa sebelumnya memberitahukan maksud pertemuan tersebut. Menurut Azhar Sani, semula ia mengira pemanggilan tersebut terkait dengan penentuan waktu untuk final. Ternyata saat pertemuan tersebut, pihak panitia mengatakan agar tim sepakbola angkatan 2001 melakukan pertandingan ulang dengan tim PSKM. Tentu saja Azhar Sani langsung menolak mentah-mentah usulan ini.
Tetapi apa yang dilontarkan oleh pihak panitia;
Inilah pernyataannya dan tolong dicatat

TANDING ULANG DENGAN PSKM ATAU ANGKATAN 2001 DIDISKUALIFIKASI

Dimanakah letak masalahnya? Bila kita runut siapa yang salah dan patut disalahkan, maka akan terlihat siapa sebenarnya yang salah..
1. Pertandingan tersebut baru dilaksanakan pada pukul lima sore lebih, molor dari waktu yang ditentukan, pada saat itu, seluruh tim baik PSKM maupun 2001 telah datang tepat waktu, siapa yang salah?
2. Terkait masalah intimidasi, tidak pernah sekalipun 2001 menghubungi atau mengirim pesan ancaman kepada tim PSKM sebelum pertandingan dimulai. Jadi, dari mana pihak panitia dapat mengambil kesimpulan tersebut bila tidak ada bukti, misalnya sms, ataupun no telp ataupun nama orang di angkatan 2001 yang melakukan hal tersebut. Jadi, siapa yang salah?
3. Pertandingan tersebut tetap berlangsung sampai melewati waktu maghrib, saat itu bola sudah tidak terlihat lagi, banyak terjadi kontak fisik antar pemain karena gelapnya lapangan waktu itu. Siapa yang salah?
4. Pihak PSKM mengganggap wasit tidak adil dan memihak angkatan 2001 yang notabene bukan dari angkatan 2001 dan tidak dikenal oleh SEORANG PUN diangkatan 2001 dan dipilih oleh pihak panitia. Jadi siapa yang salah?
5. Pihak PSKM mengganggap penalti kedua tidak seharusnya terjadi, setelah itu salah satu anggota tim PSKM mengeluarkan kata-kata yang menyinggung wasit yang mengakibatkan wasit tidak mau memimpin pertandingan. Siapa yang salah?
(sekedar catatan, keputusan wasit adalah mutlak, marilah bercontoh dengan piala tiger ketika Singapura vs Thailand dengan penaltinya yang kontroversial, tim Thailand yang sempat walk out masuk kembali dan menerimanya dengan lapang dada, bercerminlah kepada mereka yang menjunjung tinggi sportivitas).
6. Tim PSKM menganggap suporter angkatan 2001 mengintimidasi mereka. Saat itu seorang suporter 2001 masuk lapangan dengan marah-marah. Apakah salah jika sebelum seorang tim PSKM tersebut sebelumnya marah-marah sambil menunjuk-nunjuk kearah suporter tersebut dengan alasan tersinggung? (dimana sportivitas mu bung, kita bermain didalam lapangan, bukan diluar lapangan) jadi siapa yang salah?
7. Pada saat hari telah gelap dan telah masuk waktu maghrib, tim 2001 bertanya mengenai kelanjutan pertandingan, apa yang dikatakan oleh tim PSKM? “Lanjutke bae, tinggal limo menit jugo” jadi siapa lagi yang harus disalahkan?
8. Bila panitia dan tim PSKM mengganggap permainan bola tim 2001 kasar, bukankah sudah ada wasit yang memegang kartu, yang sekali lagi tidak dikenal oleh angkatan 2001. Jadi siapa yang salah?
9. Mereka berkata bahwa ada seorang suporter 2001 yang membawa benda tumpul. Hal itu hanya karena emosi semata karena mereka kesal melihat kekeraskepalaan tim PSKM yang tampil ngotot, mau menang sendiri dan kurang senang dengan kepemimpinan wasit. Cukup dimaklumi, tetapi apakah hal yang ditakutkan tersebut benar-benar terjadi? Mereka hanya suporter, bukankah justru seorang tim dari PSKM yang nyata-nyata mengatakan bahwa ia siap dan sudah membawa pedang. (saya mendengar sendiri perkataan tersebut). Jadi siapa yang salah?
10. Setelah itu, panitia dengan PSKM menginginkan pertandingan ulang, dan pihak PSKM siap mencari wasit untuk memimpin pertandingan tersebut? Apakah panitia tidak malu? Itu adalah kewenangan panitia, bila kewajiban panitia diambil alih oleh orang lain, bisa dikatakan pihak panitia tidak sungguh-sungguh. Jadi siapa yang salah?
11. Siapakah yang berhak mengambil keputusan tanding ulang tersebut? Sudahkah dibuat aturan-aturan yang jelas mengenai masalah ini? Apakah SELURUH pihak panitia telah benar-benar mendiskusikan masalah ini? Apakah keputusan tanding ulang ini mau disamakan dengan apa yang terjadi saat tim 2004 vs tim PSKM dahulu?

Dari beberapa poin diatas, kita pasti sudah dapat mengambil kesimpulan sendiri. Saya yakin panitia sudah mampu bersikap dewasa dan menyikapi masalah ini dengan solusi yang terbaik bagi semua. Tetapi tim angkatan 2001 menegaskan bahwa tidak akan ada pertandingan ulang, maka ini adalah hak panitia, bila tim 2001 didiskualifikasi. Tetapi kita para pembaca akan mampu melihat sudah seberapa dewasa pihak panitia tersebut mengambil keputusan dan yang pastinya akan sangat mempengaruhi hubungan di kalangan mahasiswa itu sendiri.
Pihak 2001 yang berhasil kami hubungi berkata seperti ini. “ah.. males kami ngurusinyo, budak tu la besak galo, kalu dengan menang sepakbola biso ngurangi stagnasi kito, payula... “

Sekedar mengingatkan panitia, keputusan apapun yang diambil oleh kalian kedepan pasti ada resiko yang harus dan konsekuensi yang harus dijalani, semua keputusan tersebut akan menentukan apa yang akan terjadi ke depan. Jadi bagi pihak panitia, kami menunggu keputusanmu.

26 Balasan ke PORMAFKA BERMASALAH

  1. Rizma Adlia mengatakan:

    wakakakakakakakaka,, hajar aja kak,, songong tuh anak anak,, sama 2003 juga jahat,, huuh!!

  2. yang difitnah dan terzholimi mengatakan:

    numpang mampir, walau gak tau apa massalahnya tapi dari bacaan ini aku bisa jawab pertanyaannya:
    1.PANITIA
    2.PANITIA
    3.PANITIA
    4.PSKM
    5.PSKM
    6.PSKM
    7.Semuanya, udah tau maghrib, solat dulu dong,
    8.PSKM, kabarnya mereka pada gak pakai sepatu bola kan?
    9.Keduanya, sama-sama emosi
    10.PANITIA. benr,,maluuuu…
    11.nah, keputusan ini pun mesti didiskusikan dulu🙂

  3. Rizma Adlia mengatakan:

    hahahahahahahahaha,, nice one!!

  4. mr keren mengatakan:

    yang diomongin kemana nih… koq belum dateng juga…masih sibuk kuliah di inderalaya y?

  5. klikharry mengatakan:

    Update terbaru
    Akhirnya dilakukan pertemuan segitiga antara pihak PSKM, 2001 dan panitia yang dipimpin oleh ketua BEM FK Unsri. Hasilnya tentu saja, tim sepakbola angkatan 2001 tetap melaju ke babak final.

    Terima kasih kami ucapkan kepada pihak panitia yang telah berfikir dengan cermat untuk tidak menambah kesalahan yang telah ada dan telah mengambil keputusan yang tepat

    terima kasih juga buat ketua BEM yang tetap memimpin pertemuan tersebut dengan baik

    semoga apa yang kalian lakukan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian nantinya….

    From your senior, melalui webnya klikharry

  6. Rizma Adlia mengatakan:

    gile itu kata katanya “tidak menambah kesalahan yang telah ada”

    kakak kakak, berjuang!

  7. kita2 mengatakan:

    hmmmm,,,,,
    “tulisan yang bagus” ….
    kalo ngebaca tulisan ini seh, pembaca akan mendapat kesan buruk dari pihak panitia atau pskm (tentu aja karena penulis angkt 01 atau seseorang yang dekat dengan angktn 01)…
    mungkin yang ditulis benar,,, tapi kenapa kita tidak coba untuk melihat setiap masalah dari berbagai sudut pandang,,, gk cuman dari sudut pandang angktan 01,,,
    yup… saya sebagai pembaca gk melihat adanya rasa empati dari penulis ini kepeda panitia atau pskm,padahal sebagai calon dokter “empati” itu sangat diperlukan kan???
    atau saya salah,,, smoga saja hal ini-tidak empati- tidak terjadi ketika para dokter2 ini telah berhadapan dengan manusia lain yang menjadi pasiennya,,,,
    gk kebayang deh gimana jadinya
    atau yng nulis artikel di atas bukan clon dokter ya?
    wajar aja deh kalo gitu,,,,
    maaf ya kalo komen nya mungkin menyinggung beberapa pihak….
    peace….

  8. Rizma Adlia mengatakan:

    calon dokter kok,, and a good one (amin,,) yang bikin emang kakak 2001, tapi Ma rasa cukup mewakili kok,, Ma 2003 lho, bukan 2-2nya,,

    word of advise, mendingan kalo mau minta sudut pandang, bilang ama panitia nulis di sini, ga ada yang ngelarang kok,,

  9. klikharry mengatakan:

    “tapi kenapa kita tidak coba untuk melihat setiap masalah dari berbagai sudut pandang,,, gk cuman dari sudut pandang angktan 01,,,”

    nah justru itu… tulisan ini dibuat dengan harapan dari pihak panitia bisa memberikan tanggapan yang berbeda ataupun pandangannya mengenai isi tulisan

    waduh…bukan jawaban ini yang kami harapkan
    atau saya salah,,, smoga saja hal ini-tidak empati- tidak terjadi ketika para dokter2 ini telah berhadapan dengan manusia lain yang menjadi pasiennya,,,,
    gk kebayang deh gimana jadinya
    atau yng nulis artikel di atas bukan clon dokter ya?
    wajar aja deh kalo gitu,,,,

    yang kami inginkan justru tulisan yang menjadi pembanding tulisan ini, sehingga kita bisa menarik kesimpulannya

    penulis tidak tersinggung loh…
    peace juga🙂
    tapi..tetep doakan jadi dokter yang baik ya… kasian
    *traffic di fkunsri bakal naek nih…he..he..)

  10. Rizma Adlia mengatakan:

    hahahahaha,, amin!! (bagian traffic bakal naik-nya)

  11. VLa'' mengatakan:

    haduh..haduh..lama tak singgah ke sini..
    banyak masalah rupanya.. ;p

    kalo mw disimpulin sih..
    pendapat aQ pribadi..
    emang banyak kelemahan peraturan dr pihak panitia..
    mg2 ke depannya lebih bagus..

    huff..ngomongin soal ke-oNtiMe-an waktu..(pertanyaan nomer 1)

    bukankah orang Indonesia terkenal dengan JAM KARET nya..?!!!

    saiia sbg org Indonesia tulen..rada kesinggung jg dg statement diatas.. ;p
    but dats d fact..!!!

    jujur nii..tanding bola 2004 vs 2006 Bukit kmrn jg ada sdkt masalah..
    2004 dtg rada telat..
    sebenernya..bates WO itu brp lama sih??
    cuz ank2 2006 kmrn ribut (lebih tepatnya..ribut sendiri..) minta di-WO..
    bahkan ada salah satu dr ank 2006 yang bilang kayak gini:

    “Lama banget sih..!!! Aarrgh..mestinya kita uda di-WO ni…!! Mentang2 panitia boleh dtg telat n gak di-WO..!!”

    heheh..sebenernya saiia ikut senang kalo kami 2006 di-WO..
    wlwpn pd akhirnya Qt kalah 4-1 (ato 4-0 gt..lupa)
    tapi statemant diatas emang sdkit nge-judge kalo 2004 itu egois..
    tp saiia sih oke2 aja..kan Qt memberlakukan jam karet..

    tapi finally..Qt damai2 aja..
    bener gak kk2 2004..????!!!! (Bener duNk kak.. :D)
    tandingnya b’jalan lancar..gak ada istilah gak ada sportivitas..

    **ni bkn bwt nambah mslh..cm mw bg2 berita doank..secara saiia anak 2006..dan Qt g mw ada mslh br lg..stlh mslh diskriminasi yg kami dpt..thx

  12. kita2 mengatakan:

    is that you think the right way???
    I don’t see an adultness in you all….

  13. Rizma Adlia mengatakan:

    “you all”

    kata kata yang ‘unik’,,

  14. klikharry mengatakan:

    wah…..
    berarti yang “you all” belum “adultness” ya?
    *ngompori terus*

  15. Rizma Adlia mengatakan:

    hahaha, kok kak Harry yang ngomporin,, wong kak Harry yang jadi target kok,,🙂

  16. ehem ehem mengatakan:

    hohoh..

    minyak kompornya masih banyak gak kak..??

    ntar dibeliin de..kalo aBis.. n_n

  17. Rizma Adlia mengatakan:

    tenang tenang,,

    minyak selalu siap diiramkan,, hehehe,,

  18. mamot mengatakan:

    uy uy uy….
    sy datang….
    smua senang…..
    hohohoho…………

  19. Rizma Adlia mengatakan:

    iya nih,, mot,, mari dibantu,, :))

  20. klikharry mengatakan:

    *ngintip dari balik jendela*
    udah sepi ya? ntar klo rame baru balik lagi ah…

  21. k'ipan bogor mengatakan:

    slamat buat 2001 yg masuk final..
    buat2 ad2 ku kesabaran adalah hal yang sangat penting
    dalam sgala hal..trmask sepakbola.
    emosi bukan hal yg penting dlm penyelesaian masalah..ok.
    buat ma cepet sembuh…
    lam

  22. Rizma Adlia mengatakan:

    halah halah,, Kak ipan,,

    Makasih kak,, udah lumayan sehat sekarang,, (komen buat Ma masa disini,, ke blog Ma sih kak,,)

  23. klikharry mengatakan:

    woi kak ipan apo kabar di bogor?
    jangan lupo ajak kami k
    ntar lagi kami lulus nih…. gak tau mau kmana
    nomer kk masih yang lamo kan?

  24. dedek JIH mengatakan:

    saya adalah alumni PSKM. mas atau mbak mbok yo lihat kejadian ini disegala sudut pandang. semua pada emosi kaleeeee…..tapi yang saya heran kok yo dari dulu selalu ada ribut terus antara PDU dan PSKM…..Damai donk kan masih dalam satu fakultas dan satu UNIVERSITAS……

    BTW keren websitenya……….aku baru buka lho…sekarang saya ada di Yogya
    tepatnya di Yogya International Hosputal tempat saya kerja sekarang…

  25. Ma!!! mengatakan:

    moga moga aja masalahnya udah selesai,,

    sebenernya Formafkanya juga udah selesai kok,, moga moga aja ga keterusan,,😛

    salam kenal,,

  26. Rizma mengatakan:

    Baru sadar!! JIH itu rumah sakitnya dosen Ma yang sekarang di FKM ini, pak PRi namanya,,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: