Nyeri Pinggang / Low Back Pain

Pengertian Nyeri Pinggang

Dalam bahasa kedokteran Inggris, pinggang dikenal sebagai “low back”. Secara anatomik pinggang adalah daerah tulang belakang L-1 sampai seluruh tulang sakrum dan otot-otot sekitarnya. Tulang belakang lumbal sebagai unit struktural dalam berbagai sikap tubuh dan gerakan dapat ditinjau dari sudut mekanika. Beban yang ditanggung oleh tulang belakang lumbal dapat dipelajari dengan diskus intervertebralis antara L-5 sampai S-1 atau L-4 dan L-5 sebagai titik tumpuan. Bila mengangkat benda berat, tangan, lengan dan badan dapat dianggap sebagai lengan beban posterior pendek, yang berjarak dari pusat diskus intervertebralis sampai prosessus spinosus belakang.

Penyelidikan itu menghasilkan perbandingan antara lengan beban anterior dan posterior, yakni 15 lawan 1. Ini berarti bahwa untuk dapat mengangkat benda seberat 50 kg lengan beban posterior itu harus diimbangi dengan bobot sebesar 750 kg. Tenaga yang mengimbangi lengan beban posterior itu adalah tenaga yang dihasilkan oleh kontraksi otot-otot.

Berdasarkan azas mekanika itu, perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks telah dilakukan. Seseorang yang berat badannya 75 kg mengangkat benda seberat 90 kg. Benda itu berada 35 cm dari diskus intervertebralis antara L-5 dan S-1. Sedangkan fleksi tulang belakang pada pelvis adalah sebesar 40º. Dengan perhitungan bahwa bobot total dari kepala, leher, dan kedua lengan seberat 13 ½ kg dan bobot badan di atas L-1 sampai S-1 sepanjang 45 cm dan jarak antara toraks ke L-5 hingga S-1 sepanjang 15 cm, maka tenaga yang mengimbangi beban keseluruhan itu pada diskus intervertebralis L-5 sampai S-1 adalah 9391,9 kg.

Dari penyelidikan tersebut di atas telah jelas peranan otot-otot erektor trunksi yang memberikan tenaga imbangan ketika mengangkat benda. Di samping itu tenaga otot abdominalis berperanan juga dalam masalah sokoguru. Dengan menggunakan alat petunjuk tekanan yang ditempatkan di dalam nukleus pulposus manusia, tekanan intradiskal dapat diselidiki pada berbagai sikap tubuh dan keadaan. Sebagai standar dipakai tekanan intradiskal ketika berdiri tegak.

Tekanan intradiskal yang meningkat pada berbagai sikap dan keadaan itu diimbangi oleh tenaga otot abdominal dan torakal. Hal ini dapat diungkapkan oleh penyelidikan yang menggunakan korset toraks atau abdomen yang bisa dikembungkempiskan yang dikombinasi dengan penempatan alat penunjuk tekanan di dalam lambung. Hasil penyelidikan tersebut mengungkapkan bahwa 30% sampai 50% dari tekanan intradiskal torakal dan lumbal dapat dikurangi dengan mengencangkan otot-otot torakal dan abdominal sewaktu melakukan pekerjaan dan dalam berbagai posisi.

Kontraksi otot-otot torakal dan abdominal yang sesuai dan tepat dapat meringankan beban tulang belakang sehingga tenaga otot yang relevan merupakan mekanisme yang melindungi tulang belakang. Secara sederhana, kolumna vertebralis torakolumbal dapat dianggap sebagai tong dan otot-otot torakal serta lumbal sebagai simpai tongnya.

Perkembangan Konsep Ilmu Nyeri Pinggang

Sejarah kedokteran mencerminkan konsep-konsep yang banyak dipengaruhi oleh pengetahuan pada tahap-tahap tertentu. Karena dulu data penyelidikan yang diuraikan di atas belum diketahui, maka hampir semua jenis sakit pinggang dianggap sebagai manifestasi perubahan degeneratif pada diskus intervertebralis yang mengenai anulus fibrosisnya belaka. Pada masa berikutnya, hernia nukleus pulposus sebagai faktor etiologik sakit pinggang paling sering didiagnosa. Kini, oleh karena peranan unsur miofasial telah banyak dikenal, sakit pinggang lebih sering dianggap sebagai manifestasi proses patologik pada komponen miofasial susunan neuromuskuloskeletal.

Mendiagnosa nyeri pinggang atau low back pain harus sesuai dengan keadaan sebenarnya, yang dapat diungkapkan oleh anamnesa dan tindakan pemeriksaan (diagnostik fisik). Pengaruh zaman dan mitos hendaknya dikenal pada proporsi yang wajar. Pengaruh zaman menciptakan ‘mode’ dalam praktek kedokteran. Ilmu kedokteran klinis telah dilanda oleh ‘mode’. Pada suatu masa semua jenis ‘low back pain’ cenderung dianggap sebagai manifestasi spondilosis berikut hernia nukleus pulposus. Kemudian, ‘low back pain’ selalu mengalami penilaian sebagai hasil ‘lumbosacral strain’, dan pada masa berikutnya ‘wabah’ sakit pinggang psikogenik timbul oleh karena para klinikus ‘dilanda latah’ faktor etiologik yang bersifat psikogenik.

Kini, karena sering dibuat penekanan-penekanan pada pentingnya peranan unsur miofasial dalam patogenesis nyeri neuromuskuloskeltal, mungkin sekali diagnosa ‘mode’ akan membuka pasarannya, dimana ‘low back pain’ terlampau sering dianggap sebagai manifestasi proses patologik di unsur miofasial.

Faktor Resiko Nyeri Pinggang

Faktor Umur
Nyeri pinggang merupakan keluhan yang berkaitan erat dengan umur. Secara teori, nyeri pinggang atau nyeri punggung bawah dapat dialami oleh siapa saja, pada umur berapa saja. Namun demikian keluhan ini jarang dijumpai pada kelompok umur 0-10 tahun, hal ini mungkin berhubungan dengan beberapa faktor etiologik tertentu yag lebih sering dijumpai pada umur yang lebih tua. Biasanya nyeri ini mulai dirasakan pada mereka yang berumur dekade kedua dan insiden tertinggi dijumpai pada dekade kelima.1 Bahkan keluhan nyeri pinggang ini semakin lama semakin meningkat hingga umur sekitar 55 tahun.

Jenis Kelamin
Laki-laki dan perempuan memiliki resiko yang sama terhadap keluhan nyeri pinggang sampai umur 60 tahun, namun pada kenyataannya jenis kelamin seseorang dapat mempengaruhi timbulnya keluhan nyeri pinggang, karena pada wanita keluhan ini lebih sering terjadi misalnya pada saat mengalami siklus menstruasi, selain itu proses menopause juga dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang akibat penurunan hormon estrogen sehingga memungkinkan terjadinya nyeri pinggang.

Faktor Indeks Massa Tubuh
1.Berat Badan
Pada orang yang memiliki berat badan yang berlebih resiko timbulnya nyeri pinggang lebih besar, karena beban pada sendi penumpu berat badan akan meningkat, sehingga dapat memungkinkan terjadinya nyeri pinggang.

2. Tinggi Badan
Tinggi badan berkaitan dengan panjangnya sumbu tubuh sebagai lengan beban anterior maupun lengan posterior untuk mengangkat beban tubuh.

Pekerjaan
Keluhan nyeri ini juga berkaitan erat dengan aktivitas mengangkat beban berat, sehingga riwayat pekerjaan sangat diperlukan dalam penelusuran penyebab serta penanggulangan keluhan ini. Pada pekerjaan tertentu, misalnya seorang kuli pasar yang biasanya memikul beban di pundaknya setiap hari. Mengangkat beban berat lebih dari 25 kg sehari akan memperbesar resiko timbulnya keluhan nyeri pinggang.3

Aktivitas / Olahraga
Sikap tubuh yang salah merupakan penyebab nyeri pinggang yang sering tidak disadari oleh penderitanya. Terutama sikap tubuh yang menjadi kebiasaan. Kebiasaan seseorang, seperti duduk, berdiri, tidur, mengangkat beban pada posisi yang salah dapat menimbulkan nyeri pinggang, misalnya, pada pekerja kantoran yang terbiasa duduk dengan posisi punggung yang tidak tertopang pada kursi, atau seorang mahasiswa yang seringkali membungkukkan punggungnya pada waktu menulis. Posisi berdiri yang salah yaitu berdiri dengan membungkuk atau menekuk ke muka. Posisi tidur yang salah seperti tidur pada kasur yang tidak menopang spinal. Kasur yang diletakkan di atas lantai lebih baik daripada tempat tidur yang bagian tengahnya lentur. Posisi mengangkat beban dari posisi berdiri langsung membungkuk mengambil beban merupakan posisi yang salah, seharusnya beban tersebut diangkat setelah jongkok terlebih dahulu.6
Selain sikap tubuh yang salah yang seringkali menjadi kebiasaan, beberapa aktivitas berat seperti melakukan aktivitas dengan posisi berdiri lebih dari 1 jam dalam sehari, melakukan aktivitas dengan posisi duduk yang monoton lebih dari 2 jam dalam sehari, naik turun anak tangga lebih dari 10 anak tangga dalam sehari, berjalan lebih dari 3,2 km dalam sehari dapat pula meningkatkan resiko timbulnya nyeri pinggang.

Penyakit-Penyakit yang Berhubungan dengan Keluhan Nyeri Pinggang

Dalam klinik, terdapat penyakit-penyakit yang memang memiliki keluhan nyeri pinggang, seperti :

1. Proses degeneratif, meliputi: spondilosis, HNP, stenosis spinalis, osteoartritis.

Perubahan degeneratif pada vertebrata lumbosakralis dapat terjadi pada korpus vertebrae berikut arkus dan prosessus artikularis serta ligamenta yang menghubungkan bagian-bagian ruas tulang belakang satu dengan yang lain. Dulu proses degneratif ini dikenal sebagai osteoartrosis deformans, tapi kini dinamakan spondilosis. Perubahan degeneratif dapat juga mengenai anulus fibrosis diskus intervertebralis yang bila pada suatu saat terobek dapat disusul dengan protusio diskus intervertebralis yang akhirnya menimbulkan hernia nukleus pulposus (HNP). Unsur tulang belakang lain yang sering dilanda proses degeneratif ialah kartilago artikularisnya, yang dikenal sebagai osteoartritis.

2. Penyakit inflamasi.

Nyeri pinggang akibat inflamasi terbagi menjadi 2 macam, yang pertama adalah pada artritis rematoid, yang sering timbul sebagai penyakit akut. Persendian keempat anggota gerak dapat terkena secara serentak atau dengan selisih beberapa hari/minggu. Yang kedua adalah pada spondilitis angkilopoetika. Keluhan yang paling dini dihadapi oleh penderita ialah sakit punggung dan sakit pinggang. Sifatnya ialah pegal-kaku dan pada waktu dingin dan sembab linu dan ngilu dirasakan.

3. Osteoporotik

Sakit pinggang pada orang tua dan jompo, terutama kaum wanita, seringkali disebabkan oleh osteoporosis. Sakitnya bersifat pegal. Nyeri yang tajam atau nyeri atau nyeri radikular dapat juga disajikan sebagai keluhan.

4. Kelainan kongenital

Anomali kongenital yang diperlihatkan foto rontgen polos dari vertebrae lumbosakralis terlampau sering dianggap sebagai kelainan yang mendasari sakit pinggang. Spina bifida okultra sering ditemukan pada foto rontgen polos para penderita yang berkunjung ke dokter bukan karena sakit pinggang, melainkan, misalnya, keluhan urogenital atau gastrointestinal. Lumbalisasi atau adanya 6 bukan 5 korpus vertebrae lumbalis merupakan variasi anatomik yang tidak mengandung arti patologik. Demikian juga sakralisasi, yaitu adanya 4 bukan 5 korpus vertebrae lumbalis.

5. Gangguan sirkulatorik

Adakalanya aneurisma aorta abdominalis dapat membangkitkan sakit pinggang yang hebat, yang dapat menyerupai sprung back atau HNP. Seyogyanya aneurisma aorta abdominalis sebagai pembangkit sakit pinggang yang hebat teringat bilamana kita mengahadapi seorang pasien yang berumur lebih dari 50 tahun, yang sudah pernah mendapat ‘stroke’ ringan, sudah memperlihatkan tanda-tanda arteriosklerosis seperti tungkai bawah selalu dingin dan pulsasi arteri perifer yang lemah. Dalam hal ini palpasi abdominal untuk mencari benjolan yang berpulsasi adalah suatu tindakan untuk cepat mendiagnosa aneurisma aorta abdominalis.

Gangguan sirkulatorik yang lain, yaitu trombosis aorta terminalis, perlu mendapat perhatian oleh karena mudah didiagnosa sebagai HNP. Gejala-gejala yang timbul akibat trombosis aorta terminalis ini dikenal sebagai sindrom Leriche. Anamnesa pasien biasanya seragam. Sakit pinggang yang dapat meluas ke bokong, belakang paha dan tungkai kedua sisi. Bilamana ditanyakan mengenai sifat-sifat sakit pinggangnya, terungkaplah bahwa sakit pinggangnya terasa kalau berbaring, duduk dan berdiri, tapi kalau berjalan baru timbul sakit pinggang.

Anamnesis Nyeri Pinggang

Anamnesis yang cermat dan terperinci tentang sifat nyeri, saat timbulnya, lokalisasi serta radiasinya sangat diperlukan dalam menetapkan diagnosa. Perlu ditanyakan tentang peristiwa sebelumnya yang mungkin menjadi pencetus keluhan, seperti adanya trauma, sikap tubuh yang salah, misalnya waktu mengangkat beban, kegiatan fisik atau olahraga yang tidak biasa, dan penyakit yang dapat berhubungan dengan keluhan nyeri pinggang tersebut.

Adanya keluhan neurologis perlu diperhatikan dan perlu pemeriksaan neurologis yang lebih teliti, dan bahkan perlu pemeriksaan kemungkinan adanya tanda keganasan. Pemeriksaan rontgen terutama untuk kelainan tulang dan persendian sangat diperlukan, bahkan perlu teknik khusus dan alat lebih canggih seperti MRI, CT Scan, EMG, dan lain-lain. Pemeriksaaan laboratorium sangat membantu untuk menentukan penyakit sistemik yang mungkin sebagai penyebab nyeri pinggang.

Penyebab nyeri pinggang ini sangat bervariasi dari yang ringan seperti sikap tubuh yang salah sampai yang berat dan sangat serius, misalnya oleh keganasan. Kondisi psikologis seperti neurosis, histeria dan reaksi konversi mungkin pula berkaitan dengan nyeri pinggang. Depresi lebih jarang sebagai penyebab nyeri pinggang, sebaliknya depresi sering timbul sebagai komplikasi nyeri pinggang kronik.

Tindakan Diagnostik Fisik Pada Nyeri Pinggang

Seringkali pasien tidak dapat menunjukkan lokasi sakit pinggangnya secara tepat. Oleh karena itu berbagai tindakan pemeriksaan dilakukan untuk membangkitkan nyeri pinggang.

Pemeriksaan dimulai pada saat pasien masuk ke dalam ruang periksa. Gaya berjalannya diperhatikan, cara pasien duduk diobservasi dan juga sikap duduk yang disukainya harus diketahui.

Sebagai titik tolak pemeriksaan dapat dipakai tempat nyeri yang ditunjuk pasien atau yang telah diprovokasi dengan gerakan tulang belakang atau dengan penekanan pada lamina-lamina atupun dengan tes melipat atau menggulung kulit.

Perhatian dan pemeriksaan diarahkan pada:
1. Posisi pelvis, selisih panjang tungkai, posisi krista iliaka.
2. Bentuk kolumna vertebralis torakolumbal dan lumbosakral berikut deformitasnya.
3. Meneliti adanya atrofi atau spasmus di sekitar lokasi nyeri.
4. Batas lingkup gerakan tulang belakang lumbosakral
5. Hasil tes Lasegue, tes O’Connel, tes Patrick, tes kebalikan Patrick, tes Gaenslen.
6. Kelainan-kelainan neurologik:
a. Adakah iskhialhia.
b. Adakah defisit motorik pada kedua tungkai.
c. Adakah defisit sensorik pada kedua tungkai.
d. Adakah gangguan sfinkter ani dan uretrae.
e. Adakah tanda-tanda UMN dan LMN.

Kondisi inflamatorik pada tulang lumbosakral mengakibatkan mendatarnya lordosis lumbosakralis. Kolumna vertebralis bergerak sebagai suatu lesi padanya. Para penderita dengan spondilosis memperlihatkan pembatasan lingkup gerakan fleksi dan ekstensi, namun lingkup gerakan lateralnya masih cukup baik. Sebaliknya, pada spondilitis angkilopoetika fleksi lateral sudah sangat terbatas pada tahap dini.

Pengobatan Nyeri Pinggang
Penderita nyeri pinggang terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan cara yang ditempuh untuk menanggulangi nyeri pinggang yaitu kelompok pertama yang pergi ke dokter untuk memperoleh pertolongan medis dan kelompok yang berusaha menanggulangi sendiri nyerinya dengan cara istirahat, minum jamu, mengoleskan parem, mengoleskan minyak gosok, dan pijat tradisional.
Penanggulangan nyeri pinggang bertujuan untuk mengatasi rasa nyeri, mengembalikan fungsi pergerakan dan mobilitas, mengurangi residual impairment, pencegahan kekambuhan, serta pencegahan timbulnya nyeri kronik. Perlu diperhatikan walaupun yang terbaik adalah memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab nyeri, tetapi sangat sulit menentukannya pada fase akut nyeri atau bahkan pada nyeri kronik sekalipun.1
Nyeri pinggang dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan, istirahat, dan modalitas. Penjelasan singkat penatalaksanaan perlu diberikan dan hindari penggunaan istilah yang tidak banyak dimengerti oleh awam atau dapat menimbulkan rasa takut seperti kata nyeri psikiatrik, artritis, spasme, penyakit diskogenik, dan sebagainya.
Pemberian obat anti inflamasi non steroid (OAINS) diperlukan untuk jangka waktu pendek disertai dengan penjelasan kemungkinan efek samping dan interaksi obat. Tidak dianjurkan penggunaan muscle relaxan karena memiliki efek depresan. Pada tahap awal, apabila didapati pasien dengan depresi premorbid atau timbul depresi akibat rasa nyeri, pemberian anti depresan dianjurkan. Untuk pengobatan simptomatis lainnya, kadang-kadang memerlukan campuran antara obat analgesik, antiinflamasi, OAINS, dan penenang.
Istirahat secara umum atau lokal banyak memberikan manfaat. Tirah baring pada alas yang keras dimaksudkan untuk mencegah melengkungnya tulang punggung Modalitas itu bisa berupa kompres es, semprotan etil klorida, dan fluorimetan.
Nyeri tidak selalu dapat diatasi dengan cara-cara di atas. Terkadang diperlukan tindakan injeksi anestetik atau anti inflamasi steroid pada tempat-tempat tertentu seperti pada faset, radiks saraf, epidural, intradural.
Setelah fase akut teratasi dilakukan beberapa pencegahan kekambuhan diantaranya pelatihan peregangan dan pemakaian korset atau bracing.

*kalo mau minta daftar pustakanya, tulis di komen aja ya,,*

Iklan

220 Balasan ke Nyeri Pinggang / Low Back Pain

  1. dee berkata:

    minta daftar pustakanya donk

  2. heru berkata:

    gimana membedakan LBP sama ischialgia, apa ada batas2 yg cukup jelas untuk membedakannya?

  3. dedek fk uii berkata:

    alo…minta tolong bole g ?saya bole minta daftar pustakanya via email secepatnya…ini buat tugas saya di kampus.saya minta tolong bgt…mkasih bgt smoga Tuhan memberkahi kalian dan website ini :> website yang keren…amin kalo minta dikirim di email g???mkasih bgt …mksh bgt…mksh bgt….mksh bgt….

  4. dedek fk uii berkata:

    mas/mbak ,beneran minta tolong kirimin daftar pustaka artikel nyeri pinggang…butuh bgt …maksih bgt…

  5. dedek fk uii berkata:

    tolong bgt…ya…….daftar pustaka nyeri pinggang…..mkasih bgt

  6. dedek berkata:

    alo rizma sang penulis /yg punya website nyeri pinggang….bole minta daftar pustakanya dunkkkk….please responnya…..mendadak nih

  7. dedek berkata:

    buat temen temen disini tau cara menghubungi ato KENAL RIZMA ADELIA penulis nyeri pinggang,minta tolong hubungi dunk …aku butuh banget daftar pustaka NYERI PINGGANG…makasih banget temen temen…..

  8. iPPitH berkata:

    neh ni dia, materi tutorial ttg the poor woman. aidahhhh ngp baru ketemu skrng???

  9. seminarpilates berkata:

    Salah satu cara untuk mencegah/mengobati sakit pinggang adalah dengan berolah raga. Terutama yang menguatkan otot-otot di perut dan punggung
    🙂

  10. ra puji berkata:

    hai, aku kagum mlihat kerja kalian…rajin ya..
    masih kuliah, koas atau udah residen ni? btw,aku dari usu-medan..
    yah, aku mau minta tolong kirimin daftar pustakanya dong..
    appreciate it a lot..! =)

  11. vivi berkata:

    iscialgiaaaaaaaaa

  12. Rizma berkata:

    @ ra puji
    Ntar ditanyain sama yang bikin ya,, 😀

  13. anna berkata:

    mbka yang baik hati..bisa minta tolong gak, bisa minta daftar pustaka nya gak..coz anna ada tugas terkaiy ini 🙂 makasih sblumnya.

  14. nefi berkata:

    tolong kirim daftar pustakannya ya ke email gw……….(nefi_amq@yahoo.co.id)
    penting banget buat tugas akhir……

    ada bahasan tentang Carpal tunnel syndrome (CTS) klw ada tolong kirimin juga donk. tb4

  15. MURSALI berkata:

    ISCHIAGIAL YANG LENGKAP EMAIL KE GUA YA…..
    NE EMAIL NYA:liennz@bier.com

  16. cimuq berkata:

    g mu mt daftar pustakanya donk…. penting banget ney…qrim scepatna k email g y.. cimuq_funiez@yahoo.com
    di tunggu yah…
    thanks…

  17. tari berkata:

    Trims sekali atas materi nyeri pinggang kalo boleh tau buku referensi or daftar pustakanya saya minta di kiriman ya…kalo gak keberatan. Saya pengin membahas nyeri pinggang pada anak SD ada materinya gak.

    Thanks sebelumnya

  18. ruli berkata:

    thanks bgt ya meterinya..pas bgt ma study kasus gw..kalo ga keberatan boleh bagi daftar pustakanya ga??kirim ke dd_rulez48@yahoo.com ya.trims berat

  19. ayum berkata:

    mau tanya boleh ya apa sih bedanya LBP dengan penyakit batu ginjal, menurut tanda dan gejala bedanya apa sih…trims

  20. Rizma berkata:

    Batu ginjal itu gangguannya di ginjal, pasti dong,, Sedangkan LBP kan asalnya dari beban tubuh dan gangguan otot ototnya,,

    Lebih lengkapnya bisa dibaca di atas tentang LBP

  21. RIZALLAHI berkata:

    saya kalau bekerja lebih dari 2 jam pinggang saya sakit dan kontak keperut dan menimbulkan perut gembung dan susah bernafas, tapi kalau di pijit2 daerah pinggang dan otot2 pantat agak lumayan sakitnya, bagaimana cara pengobatannya ? karena sampai sekarang setiap saat saya merasa sakit pinggang dan kembung dibagian perut sehingga susah bernafas ??????????????

  22. fina berkata:

    aq mau daftar pustakanya. kirim ke e-mail yach. tq

  23. joice berkata:

    minta daftar pustakanya..
    tolong y..penting!!
    cito…

  24. Anonim berkata:

    bagus bener artikelnya

  25. Anonim berkata:

    good

  26. vani berkata:

    minta dapusNya dong,,,
    tlong kirimin d FiSh_FuNNy@yahoo.co.id

    buat bahan PBL….

  27. natalia lidia wiwi berkata:

    minta referensi tentang faktor-faktor resiko nyeri pinggang bawah pada perawat donk !perlu banget ne untuk skripsi.

  28. natali berkata:

    minta referensi tentang faktor-faktor resiko yang berhubungan dengan nyeri punggung bawah pada perawat donk, untuk skripsi dan juga minta situs khusus tentang nyeri punggung.thanks

  29. moel berkata:

    minta daftar pustakanya

  30. Lionel berkata:

    Mohon dishare daftar pustakanya donk ke alamat saya lionel_sadrach@plasa.com

  31. Anonim berkata:

    mau daftar pustakanya ya
    makasii infonya
    ni alamatku: maya_puchan@yahoo.com

  32. ewie berkata:

    mohon referensi tentang nyeri punggung pada pekerja pengangkat beban untuk tugas akhir.terina kasih

  33. Krisma berkata:

    Minta bantuan dikirim daftar pustakanya. Terima kasih

  34. iyul berkata:

    boleh minta tolong ga.. kirimin aku daftar pustakanya.. aku baca, bagus isinya. boleh japri ke aku mba/kang mas.. terimakasih sebelumnya iyulianti08@gmail.com

  35. ewock berkata:

    apa kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan nyeri punggung………..?
    kalo dapat, kenapa atau apa sebabnya………….?
    yang kedua apa sikap kerja yang tidak benar juga dapat menimbulkan nyeri punggung, dalam hal ini operator komputer……..?

  36. ayuuu.. berkata:

    nice artkel..
    minta daftar pustakany doonk..
    thnx b4,,,
    iam_a_gurlzz@yahoo.com

  37. ani berkata:

    judul skripsiku agak sama tuh na natali…tolong dikirimin pustaka n bahannya yang lain ya ke imelnya_anna@yahoo.com

  38. HANIM berkata:

    DAFTAR PUSTAKANYA DONK BWT SKRIPSI NEH

  39. HANIM berkata:

    daftar pustaka donk

  40. sammy berkata:

    tolong mnta daftar pustakanya donk
    pleeeeease bwt skripsi gw,,,
    tolong bgt yaaa!!

  41. bramta berkata:

    minta daftar pustakanya ya.

  42. DONY berkata:

    jbdhbccd, dhccb wdmc v;c

  43. NANI berkata:

    q MINTA DAFTAR PUSTAKANYA Y…?,UNTUK TUGAS NE….

  44. asny berkata:

    Tlg minta daftar pustakanya dong. Email q : asny_a@yahoo.co.id

  45. R'kurniawan berkata:

    ada gak tentang penyebab muskuloskeletal? bagi infonya donk
    *pliizzzz
    skalian ama daftar pustakanya yg di atas 😀

    email ke: kurniawanmailroom@yahoo.com

    thenkz’

  46. natali berkata:

    apa yang dimaksud dengan tes kesegaran punggung yang karya imrie untuk metode pengukuran nyeri punggung bawah.kirim ke email natali:nats.loveroue@yahoo.com.

  47. arie_Akfis_UKI berkata:

    daftar pustakanya dunkzzz… oia, skalian ma info tentang LBP Myofacial pain syndrome ya, coz bwt tambah2an karya tulis akhir gw niiiyyy…. thankz berat lho.. GBU

  48. arie_Akfis_UKI berkata:

    oie, bwt temen2 yang lain yang punya info ttg LBP krn myofacial pain syndrome, bagi2 yaaaa….. kirim aj ke email arie : http://www.aYi_maLdini@yahoo.com
    thanks bangeetttdzzz…!!

  49. deni berkata:

    tolong donk minta daftar pustakanya

  50. dhe berkata:

    HNP ada yang dimaksud dgn intradural dan ekstradural, mksd’y apa y? blz ke alamat email itu y. thks.

  51. dhe berkata:

    HNP ad yang dimaksud dgn intradural dan ekstradural, mksd”y apa y? blz ke email ini gardea_indah@yahoo.com

  52. ari berkata:

    tolong daftar isinya ya…………………… sesema rekan sejawat

  53. GWAN berkata:

    THANX BGT Y MATERINYA…….. PENYULUHAN GW TERSELAMATKAN, HEHE…..

    BTW, BLH GA MINTA DA-PUS NYA?
    KIRIM AJ KE EMAIL GW. dWAN_0906@YAHOO.CO.ID

  54. Hanifa M. Denny berkata:

    Saya pernah penlitian dan publikasi tentang Carpal Tunnel Syndrome di Manila, silakan kirim e-mail anda yang membutuhkan artikel tsb via: dennyhanny@yahoo.com

  55. ayu silviana berkata:

    waaaaaa aku seneng bangrt bisa baca artikel ini ,dan saya sangat minta tolong kirimkn daftar pustakanya

  56. […] wanita usia 25 – 35 tahun adalah nyeri tulang belakang atau tulang punggung, yang juga disebut low back pain. Gangguan ini disebabkan oleh cedera akibat tidak terbiasa memosisikan tubuh secara tepat. […]

  57. ICHA berkata:

    artikel yang cukup bagus, tapi mohon dikirimkan daftar pustakanya biar semakin perfect. BTK
    kirim ke : ichayk78@yahoo.com

  58. natali berkata:

    apa hubungan jenis pekerjaan, indeks massa tubuh, masa kerja dan kesegaran jasmani dengan nyeri punggung bawah khususnya pada petugas kesehatan medis dan non medis. tlg kirimkan ke email nats.loveroue@yahoo.com. tkb

  59. setianingrum berkata:

    oce. boleh minta daftar pustaka untuk skripsi. thanks. tiara@yahoo.com

  60. arno berkata:

    tlng ksh dfrt pus Nya ya??thx

  61. aryo yahya berkata:

    Minta daftar pustakanya donk,, buat TA nih,, pe lis

  62. aryo yahya berkata:

    MInta daf pustakanya donk,, buat skripsi nih… makasi y.. aryoyahya@yahoo.com

  63. shandy berkata:

    tolong dong kirimin asuhan keperawatan tentang penyakit pinggang (LBP)

  64. bboycai berkata:

    hai, salam kenal aq mau tanya gimana caranya hilangkan rasa sakit pinggang!

    plaese, di balaz to email”bboycai@yahoo.com”

    thanks ya

  65. rego_fk_untan berkata:

    saya minta tolong minta daftar pustakanya dong, kebetulan daya bikin penelitian tentang low back pain pada supir bis. kalau boleh, saya juga minta tolong dicarikan informasi tentang tes kesegaran punggung karya imrie. tolong kirimkan ke email saya: regodian_android@yahoo.co.id

    terima kasih

  66. Adfar berkata:

    Saya minta referensi tentang sakit pinggang

  67. iza berkata:

    neh dia.. artikel yg dicari-cari,,,
    boleh tolong kirimin daftar pustakanya k’…
    tolong kirimin ke izzah_quey@yahoo.com ja y k’..
    buat final task iza ni k’,
    makasih boanget…
    smoga tetap terusa berkarya!!!!

  68. THH berkata:

    MAAF ko ndak bisa di copy artikel ini yah!!!!

  69. herbert berkata:

    addduuuh ada yang tw tentang discbulging lumbal gak secara spesific

  70. Mustika berkata:

    yeeee dapet juga ne article,,,eah posisi duduk yang baik yang kaya apa ya????
    oya tolong kirim juga daftar pustakanya ya,,,,
    kirim ke naughty_tik4@yahoo.com

    makacy……

  71. darwis berkata:

    minta daftar pustakanya ya..buat tugas..tks

  72. fina berkata:

    bisa minta daftrabpustaka ny gak…
    ada penelitian ttg asosiasi lbp ama foto lumbosacral gak
    k email finaajahh@yahoo.com

    plissss

  73. sidik berkata:

    gimana membedakan LBP sama ischialgia, apa ada batas2 yg cukup jelas untuk membedakannya?bisa minta artikel tentang ischialgia,klo ada tolong kirimin ke www_himura@yahoo.com mkasih ya.

  74. terry berkata:

    minta daftar pustaka donk, makasih

  75. ditya berkata:

    artikelna bagusss bgd, sy jg lg buat penelitian ttg LBP pd supir bus, mnta tlg klo ada bahan tentang itu, tolong dkirimin ke adityapanji_88@yahoo.co.id,
    sangad ditunggu infona, trima kasih sblumna yaaa!!!

  76. rita berkata:

    minta daftar pustakanya dunk

  77. Sie_Siel berkata:

    please daftar pustakanya ya…
    SMS dino: 081937712606 / 081233284535
    Thx b4..^_^..

  78. azwar berkata:

    mas/mbak tolong ya daftar pustakanya…soalnya saya butuh banget untuk tugas saya yang sudah mendesak ne…sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

  79. depe berkata:

    Minta daftar pustakanya donk???????
    buat tugas akhir nie?????kiri ke email or facebok ini ya????mkch????

  80. kiki berkata:

    emmm daftar pustaka na dunx…
    uia…mau tanya
    emmmm low back pain ini akibat lanjutnya apa?

  81. Zazah berkata:

    Assalamualikum,Mohon bantuanya untuk mengirimkan daftar pustakanya ke eamil ini. Terima kasih.

  82. ina sundari berkata:

    Salam kenal.. Makasih ya, ak br baca tulisan ini, pas bgt ak emg lg ngerasain nyeri pinggang ini. Wah sakit bgt. Ud skitar 4 minggu ak rasain. baru reda kalo ud agak sore. Oke deh thanks a lot yahhh.

    Bagus bgt

  83. umhy berkata:

    salam kenal….
    bs ngak ,minta dftr pustakax…. kbtalan nich dapt tugas penelitian yg berkaitan dg lbP…tolong yach kirim ke Umhy_tsc@yahoo.com

    thanks sblmnya…..

    t

  84. dr,rino sebastian, SpPD,KGEH berkata:

    artikelnya cukup menarik….
    tapi presingnya tidak terlalu luas…
    tapi udah baik…..

  85. retno berkata:

    mbk/ms tlong donk q kirimin daftar pustakanya btuh banget ne…….tnks

  86. cisil berkata:

    tlg donk q kirimin daftar pustanya…BTK

  87. jirin berkata:

    mnt daftar pustakanya donk,,matur suwun

  88. kaka ayha berkata:

    minta daftar pustakanya yaaa,.
    kirim ke email aku aja, itu udah aku tulis.
    makasiii :))

  89. juniar berkata:

    tolong kirim daftar pustakanya donk,,please,,butuh bgt untuk TA..kirim mll e-mail aq yach..thx..

  90. azel berkata:

    tolong kirim daftar pustakanya ya, trims ya tlg kirim ke email saya aja.

  91. agatha berkata:

    yth blog owner, mohon saya di share daftar pustakanya ya. terima kasih.

  92. nien berkata:

    tlg krim daftar pustaka ke email yah….
    thx bgt……….

  93. ekta fk unsri berkata:

    sangad membantu tutorial 😀

  94. pity berkata:

    pengarang dari artikel diatas siapa yach?? makasi

  95. pity berkata:

    oh ia maksud saya pustaknya.. artikel diats sangat membantu dalam penelitian saya.

  96. pity berkata:

    oh ia maksud saya pustakanya.. artikel diats sangat membantu dalam penelitian saya. 🙂

  97. agung berkata:

    tlg tentang kasus spondilosisnya literatur yg bnyak n ada daftar pustakanya yaw!!!!

  98. rio sahendra berkata:

    minta daftar pustaka nya ya..buat referensi skripsi..thanx a lot..

  99. maulida Alja berkata:

    trims yaaa…
    ja ge di stase neuro skrng, ja dpt tgas tentna Syndrome Ischialgia
    bacaan di atas sdkit bs ngbntu ja dlm mnylsaikn tgas…
    klw ada lngkapnya tntng Ischialgia mhon dkimin ke email Ja yaa..
    tris sebelumnyaaa..
    coass Aceh

  100. maulida Alja berkata:

    =)trims yaaa…
    Ja ge di stase neuro skrng, Ja dpt tgs tntang Syndrome Ischialgia
    bacaan di atas sdkit bs ngbntu Ja dlm mnylsaikn tgs…
    klw ada lngkpnya tntng Ischialgia mhon dkrmin ke email Ja yaaa…
    skalian daftar pustakanya jg sbgai rfrnsi..,
    trims sblumnyaaa…
    coass Aceh

  101. fatimatuz zakiah berkata:

    minta daftar pustakanya ya..

  102. Munira berkata:

    nice artikel…boleh mnta DaPusnya g?

  103. Munira berkata:

    kalo boleh kirim ke email ini:mu2n_19@yahoo.com

  104. masturo berkata:

    nyeri di pantat dan pinggal kira-kira penyakit apa?

  105. masturo berkata:

    pantat terasa panas dan linu juga di pinggang linu-linu. Kenapa ya??????? Tlg jawab !

  106. AGISTI LILI UTAMI berkata:

    eversio servik itu aapa ciyh…tolongin dung

  107. Bobby Lenda berkata:

    Tolong daftar pustakanya ya…
    di kirim az ke e-mail saya
    makasi

  108. windharee berkata:

    Minta daftar pustakanya yaa,,,
    buat nyari refrensi buku tentang Low back pain,,.
    thanks

  109. aulia berkata:

    saya minta daftar pustakanya ya…untuk skripsi..
    mohon krim d email saya…terima kasih….

  110. chicha berkata:

    tolong minta daftar pustakanya ya buat skripsi…

  111. diar martika rachman(moh. kahfi i.p (PSIK) UPN VETERAN JKT) berkata:

    saya minta tolong, dikirim daftar pustakanya untuk riset mohon dikirim ke e-mail saya …terima kasih…

  112. dzuriyah shiddiq berkata:

    sakralisasi mmg sakral banget,coz terapi medis ternyata nggak ksh solusi,eh giliran buat shalat tahajud banyak2,nyerinya hilang.silakan mencoba

  113. Riskiana berkata:

    good article.

    minta juga daftar pustakanya dong. lagi nyeri pinggang juga nih.

  114. ipak berkata:

    tlg krimin daftar pustakanya donk…
    judul skripsi ak..gambaran sikap kerja terhadap nyri punggung…
    klo ada lgi tentang nyeri punggung tolong krimin ke email saia..
    trima ksih…

  115. simon berkata:

    kurang lengkap pembahasan tentang Low Back Pain ya,penangaan/pengobatannya tidak ada

  116. anty berkata:

    bisa minta daftar pustakanya… thx ya

  117. deeanna berkata:

    bagus euy…..

    boleh minta daftar pustakanya jg gag…????
    makasih……….

  118. Widi berkata:

    Minta tolong kirimin daftar pustaka & cara pengobatan,mbak. sdah 2 hari,hari ini nyeri sekali. Trimakasih

  119. nasya berkata:

    wuih.. bgs ni,, minta daftar pustakanya dong ke acha_cookie@yahoo.com

  120. Rika berkata:

    mau tny dunk… ap mungkin LDP bs memungkinkan u? mengarah k kanker tulang belakang… minta infony y… thx…

  121. novieta berkata:

    sudah hampir satu minggu saya mengalami nyeri pada pinggang… sudah saya lakukan foto pada bagian yg sakit. hasilnya tulang belakang di daerah pinggul mengalami sedikit bengkok keluar.
    sebagai solusi mengurangi sakit saya lakukan fisiotherapy setiap hari.
    yg ingin saya tanyakan apakah dg fisiotherapy dapat mengembalikan tulang saya kmbali seperti semula?
    selain itu saya juga merubah kebiasaan hidup antara lain saya membiasakan tidur diatas permukaan papan yg keras dan menghindari kasur spring bed, menggunakan korset penyangga tulang pinggang.menghindari sepatu/sandal higheels,rutin senam mengangkat lutut masuk ke menyentuh dada….
    dengan motivasi n gaya hidup ini sakit saya agak berkurang meskipun blm sembuh total.

  122. yunita elfia berkata:

    minta daftar pustakanya ya….

  123. angga syafrianto berkata:

    tolong minta daftar pustakanya ya,terimakasih..

  124. irene berkata:

    mau daftar pustakanya dong..

  125. mz minta daftar pustakanya doank thanks bngt berkata:

    mz mau mnta daftar pustaka nya ya . .
    thanks bngt

  126. echa berkata:

    minta daftar pustakany y…
    echa_echa_04@yahoo.com
    thx 🙂

  127. Liez berkata:

    Liad daftar pustakanx doong…
    kirimin yaaah…
    buat tgas refrat q… 🙂
    thx,,, 🙂

  128. deddy berkata:

    tlong minta daftar pustakanya dong,,, ne email ku,,, firdaus_amri@rocketmail.com

  129. mau tanya, klo butuh radiograf untuk diagnosa LBP dengan indikasi kaki sebelah kiri kram, itu butuh proyeksi foto apa, tlg dijawab, saya butuh pendapat anda sebagai seorang dokter, terima kasih.

  130. alfian hussain berkata:

    tlng kirimin daftar pustakany dong k email saya (alfin_65@yahoo.com)..
    pls scptny coz buat tgs akhirr..
    thnxs..

  131. kanias berkata:

    mnta dftar pustaka ny iaa .
    mkasih

  132. Vivi Diana berkata:

    minta daftar pustakanya ke email saya ya vivispasidiana@yahoo.com thankss

  133. tengky berkata:

    boleh minta daftar pustakanya,?? tlg kirim ke email saya ya dewandari@gmail.com

  134. dealer pulsa berkata:

    terima kasih infonya. lagi sakit pinggang habis berolahraga

  135. nellaa berkata:

    minta daftar pustakanya dong
    tolong kirim ke still_luff@ymail.com yy
    makasii sebelumnya

  136. upay berkata:

    mantap haya sakit kaya gtu mang bikin ga enak 😦

  137. sri dewi afsari berkata:

    Assalamu’alaikum… minta daftar pustakanya y… tolong via email sridewiafsari@yahoo.com
    Trim’s y

  138. Chie berkata:

    Minta Daftar pustakanya yach……….. kirim ke email ku w4rd4_cute@yahoo.co.id
    thanks yach

  139. pyte berkata:

    Minta daftar pustakanya donk…..thx

  140. darsana berkata:

    minta daftar pustakanya dong

  141. brimaaritejo berkata:

    minta daftar pustakanya dong,,,, plissssssssssssss kirim ke email yaa rusfiantifitri@yahoo.co.id
    makasiiiiiiiiiiiii

  142. upiet bhu-bhu berkata:

    minta daftar pustakanya dong plizzzz,
    kirim ke email yaa rusfiantifitri@yahoo.co.id. thank’z

  143. risca berkata:

    saya minta tolong kirimi daftar pustaka nya y,,, bwt tugas,,, sebelumnya terimakasih,,,,,sukses selalu

  144. Agus berkata:

    Terima kasih atas ilmunya,daftar pustaka saya nantikan.Suwun

  145. Anonim berkata:

    daftar pustakax z,,,,
    tolong dg sangadh dkrm k emailQ yakkk…
    chika4eva_91@yahoo.com

  146. Anonim berkata:

    ,minta tlg jlaskan itu iscialgia

  147. Anonim berkata:

    gan minta daftar oustakanya dunk..
    qrim ja k emalil wa yw..
    eqsuperboy@rocketmail.com

  148. lie berkata:

    boleh minta daftar pustakanya?

  149. nindy berkata:

    mb, mz, minta daftarpustakanya ya..
    makasih banyak…

  150. ayrus berkata:

    minta dong…daftar pustakanya…. thanks…

  151. Anonim berkata:

    minta tlng kirim daftar pustaka..buat skripsi..thanks email:marlinafd@yahoo.co.id

  152. Albert berkata:

    permisi.. boleh saya minta di kirimkan daftar pustaka untuk materi ini??

    email saya: albertz_coolz@yahoo.com

    terimakasih

  153. Ternyata kalo orang kegemukan juga rentan mengalami nyeri pinggang ya..btw thanks artikelnya..

  154. lita berkata:

    minta daftar pustakanya dong,kalau boleh tolong kirimin ke email saya..terimakasih 😀

  155. yanha berkata:

    mba’.. tlg mnta daftar pustakax dong…

  156. ucup_fugue berkata:

    Minta daftar pustakanya

  157. nurul berkata:

    ka,tolong kirimin daftar pustakanya yah please.. kirim ke email aku nurul.kidd@yahoo.co.id. makasih

  158. Maloun berkata:

    mba yang baik.. minta tlg dapusnya yah..

  159. Maloun berkata:

    mba yang baik.. minta tlg dapusnya yah.. kirim ke ludia_fit@yahoo.com

    makasi dan sukses selalu.. 🙂

  160. Anonim berkata:

    minta daftar pustakanya donk…..ke priskadewi85@yahoo.com buat KTI aku,,maksih bnyak datanya sangat membantu…

    ditunggu segera:)

  161. priska dewi berkata:

    minta daftar pustakanya donk…:)
    kirim ke priskadewi85@yahoo.com

    makasih dan sukses ya,,,

  162. onew berkata:

    mba yg baik..boleh minta tlong dkirim daftar pustakanya ke marhayati@rocketmail.com

    makasih… 🙂

  163. Anonim berkata:

    mbak, Boleh minta daftar pustakanya? terimaksih

  164. Anonim berkata:

    mbak boleh minta daftar pustakanya? kirim ke junaputri@gmail.com terimakasih:) suksess yaaa

  165. Anonim berkata:

    mbak minta daftar pustakanya dong, buat tesis saya. ke mikostaycool97@yahoo.com
    makasih mbak

  166. teguh michraj berkata:

    mbak minta daftar pustakanya dong yang faktor resiko low back pain..
    kirim ke antostar18@yahoo.com
    terima kasih ya..

  167. jokosantoso13 berkata:

    Apakah ada hubungannya Gigi berlubang dengan nyeri punggung?

  168. lavesand berkata:

    permisi, wah ini bagus sekali informasinya…boleh sy minta daftar pustakanya? tolong di email ke sandylaveda@gmail.com jika tidak keberatan. untuk referensi bahan skripsi. thanks bgt, ka..

  169. syelvira y berkata:

    Artikelnya lengkap, boleh minta daftar pustakanya?
    kirim ke syel.vira@ymail.com yaa…
    terima kasih…

  170. ♥ icaa ♥ berkata:

    haloo, aku mau daftar pustakanya ya kirim ke capela_amalia@hotmail.com
    thx, aku suka bgt sm artikel nya 😀

  171. Mans berkata:

    Minta daftar pustaka yg mudah dterima orang awam

  172. Anonim berkata:

    mnt daftar pustaka nya yah.. ^_^ tulisan ini mau saya kutip sedikit buat skripsi saya, terima kasih

  173. tika berkata:

    mnt daftar pustakanya ya, buat penelitian saya 🙂 ke tikateirra@ymaul.com makasih 🙂

  174. Agustina Nisa berkata:

    minta dapusnya dong…trimakasih…:)

  175. lavesand berkata:

    hi, kakak.. aku boleh minta dafpusnya ngga? thank you 🙂 please dibales…tolong dikirim ke email aku lavedas_dunch@yahoo.com

  176. lavesand berkata:

    kakak, aku bener2 butuh, tolong yahh dikirim dafpusnya 😦 hiks

  177. lavesand berkata:

    kakak, ini ga ada dafpusnya? aku butuh bgt 😦

  178. Anonim berkata:

    daftar pustakanya ada?

  179. icha berkata:

    boleh minta daftar pustakanya??? kirimin ke nur_khairunnisa13@yahoo.com
    makasihh yaa… 🙂

  180. mugni aziz berkata:

    Sangat bermanfaat bos..
    tapi sayang pada paragraf yang menjadi kutipan gak ada pengarannya…
    karena sangat diperlukan untuk “cross chek” tolong dong daftar pustakan…..

  181. maridi berkata:

    ada gak makalah/tulisan tentang hubungan antara kebiasaan olahraga dengan LBP? minta tolong ya………… atau minta juga donk, daftar pustakanya yang ini…….. ! makasih. kirim ke email saya : maridiokrifdan@yahoo.com. sekali lagi terimakasih….

  182. Anonim berkata:

    mbak rizma boleh minta daftar pustakanya gx,,, krim ke alamat nur_hidayatullah89@yahoo.com,,, terima kasih sebelumnya,, 🙂

  183. wulan berkata:

    boleh minta daftar pustakanya ? wulan_uozasun@yahoo.com
    makasih byk yaaa 😀

  184. Anonim berkata:

    Boleh minta daftar pustakanya gk…, soalx saya butuh bangat untuk menyelesaikan ujian proposal KTI,, krim lewat alamat arsenio_alvez@yahoo.com
    mkasaih bnyk yaaa 🙂

  185. Anonim berkata:

    boleh minta daftar pustaka , butuh buat tugas nie,, terimakasih kirim lewat email ulfahqa@yahoo.com

  186. gita berkata:

    Kirimin daftar pustaka nya dunkz..
    Penting bangett ne..
    Makasiiih..

  187. Anonim berkata:

    Wah Mbak, knapa dapus-nya nggak diposting aja? Sekalian gitu hehe, kan bermanfaat buat yang baca (khususnya yang mau ngerjain tugas tentang LBP).

  188. fahrurido berkata:

    minta daftar pustaka nya kak anak fk di sumsel nih .. fahrurido@yahoo.com

  189. lili berkata:

    ass wr wb,
    sya anak psik disumsel, lagi btuh dapus ttg hnp, lbp. tlg mb’ dishare dapusnya
    lilihartatipsik@yahoo.co.id

    ats bntuannya TKS

  190. razak fkm stikes kendal berkata:

    mintak dapusnya dunk.
    butuh sangat nih..

    tolong kirim ke
    razakchelsea@yahoo.com

    tolong bantuannya.
    trims.

  191. Pipit Mpyt berkata:

    saya juga minta daftar pustakanya yaa mbak/mas, penting buat bahan skripsi saya, tolong kirim ke email pipit.sila@yahoo.com , ditunggu secepatnya yaaa, terimakasih banyak

  192. windarto ato berkata:

    mba/mas saya minta daftar pustakanya juga ya, tolong kirim ke win_ato@yahoo.com

    ditunggu ya, terimakasiiiiiih banyak

  193. hilda kanis berkata:

    malam, kak boleh mintak daftar pustakanya …………..??
    tolong krm ke hkhildakanis@gmail.com

  194. Anonim berkata:

    boleh minta daftar pustakanya gak kk? kirim ke arlyn.putrinovelia@gmail.com yaa kk ..

  195. arlyn berkata:

    boleh minta daftar pustakanya gak kk??
    kirim ke arlyn.putrinovelia@gmail.com yaa kk .. di tunggu ^_^

  196. Gan tolong minta daftar pustakanya ya…soalnya sdh 3 bulan saya mngalami LBP/nyeri pinggang,..,srasa hidup ini tersiksa…kirim ke silitonga_hermanto@yahoo.co.id……ku tunggu Gan…..

  197. dewi puspitasari berkata:

    selamat siang…sy bisa minta daftar pustakanya? sy penderita LBP dan akan membuat tugas akhir tentang LBP juga…trims yah

  198. selamat pagi…saya bisa minta daftar pustakanya? saya penderita LBP dan akan membuat tugas akhir tentang LBP juga…trims yah hmhartawan@gmail.com

  199. Audy Tama berkata:

    gan, minta daftar pustakanya. boleh dikirim disini Aux.tama@gmail.com thx 🙂

  200. Anonim berkata:

    permisi, boleh saya minta daftar pustakanya? sesa_coool@yahoo.co.id terimakasih

  201. Anonim berkata:

    bsa minta daftar pustakany sis, dikirim ke email d4nets28@gmail.com thanks

  202. Kartika Dewi berkata:

    Selamat siang, apakah saya boleh meminta daftar pustaka mengenai nyeri pinggang? Karena untuk mengerjakan tugas makalah saya. Terima kasih

  203. putri berkata:

    Mau minta dapus nya, boleh? ^^

  204. Anonim berkata:

    min aku mnt daftar pustkanya yakkirim ke liana.hafida@yahoo.co.id

  205. Julia Riistary berkata:

    selamat siang,
    mau nanya pembahasan tentang ini : aktivitas berat seperti melakukan aktivitas dengan posisi berdiri lebih dari 1 jam dalam sehari, melakukan aktivitas dengan posisi duduk yang monoton lebih dari 2 jam dalam sehari dapat pula meningkatkan risiko timbulnya nyeri punggung bawah (Adelia, 2007). ( ada bukunya tidak ?mohon bantuan nya. terima kasih )

  206. merliastin berkata:

    malam.saya tertarik tentang pembahasan ini bisa minta tolong kirimin saya artikelx ke merlintitin29@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: