Mau belajar tentang gigi dengan santai?

Ada nih, ini blognya,,

Buat temen temen KG yang mau baca baca, silahkan,,
Ini dikopiin salah satu tulisan beliau,,

Rahang RONTOK akibat Gigi BUSUK

Rahang rontok bukan hanya akibat KDRT atau IPDN (hihihihi…dah ganti nama…) tapi juga sakit gigi yang infeksinya menyebar ke sum-sum tulang rahang. Infeksi tersebut bisa berasal dari abses gigi di daerah akar gigi, ataupun dari penyakit jaringan pendukung gigi dan juga dari daerah gusi yang menutupi gigi pada yang biasanya pada gigi geraham belakang yang miring. Infeksi pada tulang ini disebut Osteomyelitis

 

Selain gigi busuk sebagai penyebab osteomyelitis yang paling banyak, infeksi ini juga bisa di sebabkan trauma berupa patah tulang yang terbuka, penyebaran dari stomatitis, tonsillitis, infeksi sinus, furukolosis maupun infeksi yang hematogen (menyebar melalui aliran darah). Inflamasi yang disebabkan bakteri pyogenik ini meliputi seluruh struktur yang membentuk tulang, mulai dari medulla, kortex dan periosteum dan semakin parah pada keadaan penderita dengan daya tahan tubuh rendah.

Lho kok bisa begitu?

Infeksi yang jalan-jalan dari tempat lain ini masuk ke dalam tulang dan membentuk inflamasi supuratif pada medulla tulang, karena tekanan nanah (pus) yang besar infeksi kemudian meluas ke tulang spongiosa menuju ke daerah korteks tulang nah akibatnya struktur tulang rahang yang harusnya kompak dan padat jadi mrotholi (opo yo boso Indone) bolong2 seperti sarang lebah dan mengeluarkan pus atau nanah yang bermuara di kulit seperti fistel….(terlihat seperti bisaul) nah kalau dibiarkan akibatnya bisa fatal, rahang yg rapuh ini bisa patah (fraktur patologis)…blethak…

<!–[if !supportEmptyParas]–>fistel-osteomyelitis.jpgGejala awalnya seperti sakit gigi dan terjadi pembengkakan di sekitar pipi kemudian pembengkakan ini mereda selanjutnya penyakitnya bersifat kronis membentuk fistel (saluran nanah yang bermuara di bawah kulit) kadang tidak menimbulkan sakit yang bikin menderita tapi tahu2 pas di roghten foto rahangnya sudah growong2… banyak struktur tulang2 yang sudah mati.

Trus musti diapain dong klo dah terkena osteomyelitis gitu? Gigi penyebabnya harus dibuang, squester2 tulang matinya dibuang (squesterektomy) dan nanahnya di bersihkan juga di beri antibiotik supaya kuman2nya mati… prosedur ini membutuhkan tindakan operasi karena musti bersih total supaya terbentuk penulangan baru yang sehat…

Oleh karena itu jangan sepelekan sakit gigi atau jangan membiarkan gigi busuk bertengger di mulutmu ya sahabat2 tersayang, daripada terpaksa ketemu aku bongkar2 rahang di kamar operasi lho… mending ketemu aku pas makan2 aja pake gigi yang sehat dan rahang yang kuat… OKEEE…?

12 Balasan ke Mau belajar tentang gigi dengan santai?

  1. pasien mengatakan:

    wah….
    serem juga ya…
    mana gejalanx sama ke gw lg….
    ga ada cara lain selain operasi ya???
    kan serem…

  2. Rizma mengatakan:

    waduh, ini diambil dari situsnya, berhubung bukan dokter gigi, ga bisa jawabnya. itu ada linknya, nanya langsung kesana aja ya, makasih.😀

  3. Anita mengatakan:

    Aduh…………ternyata ngeri juga. Boleh deh dibahas artikel yang lain tentang gigi

  4. T A mengatakan:

    Aslmlkm…
    mau tanya, apa iya katanya peminat FK Gigi di UNSRI sedikit??
    emang yang ikut tes kemarin berapa orang??? trims..

  5. Nina mengatakan:

    Kakak2 smua, aq mau nanya pendapatx nih
    Aq nina umur 19
    Baru2 ini ikut snmptn 2009 (udah snmptn yg ke2. Aq angkatan08), n hslx g lulus
    Tapi cita2q pengen jd d0kter tuh g pernah mati malah makin jadi2
    Tp krn g lulus terpaksa msk swasta ta0n ini
    Mnurut kakak2 ap yg hrs q lakukan?
    Aq tinggal d daerah yg ked0kteranx cm bs lwt spmb
    Pengen sich ke jawa, tp 0rtu g ngebolehin krn anak cw katax
    Truz ini lagi d
    Jd d0kter katax sdh kul x susah, lama lg selesaix
    Ta0n dpn kalo lulus snmptn (amin) umur dah 20

  6. Nina mengatakan:

    Sambungan

    Ttp katax kul d0kter tuh lama
    Umur 20 br mulai bljr, truz lulusx kpn?!
    Pertanyaan Ini yg slalu dipake ma keluarga bsr bwt menyerang sy
    Tp bukankah kalo memang sdh cita2 n qta serius, usia bukanlah penghambat
    Oma sy blg ngapain cw sekolah tinggi2? Paling banter jd sarjana ek0n0mi aja, i2 pun spy ad gelar bwt ditls d kartu undgn
    Ap memang gt pikirn 0rg tua?
    Ap memang anak perempuan g bs pny mimpi?
    Trus katax ntar jd d0kter, bakal jd perawan tua
    Sy mnt masukan &pendpt kakak2
    Tlg bantu sy
    Thx b4

  7. Rizma Adlia mengatakan:

    waduh, kalo buat konsultasi kuliah, Ma ga yakin sebagai orang yang tepat. Tapi kalo sekedar kasih komentar gapapa deh. Moga moga bermanfaat.

    Nina cita citanya mau jadi dokter? Bagus itu.
    Sekarang kuliah swastanya jurusan apa?

    Apa cita cita dokter itu emang mentok? Kalo iya, gapapa, lanjutkan aja.🙂
    Masalahnya juga sering ada benturan di keluarga sih, karena kalo buat sebagian orang Indonesia, perempuan itu ga guna sekolah tinggi tinggi, ntar balik ke dapur juga.

    Masalah pendapat keluarganya Nina itu, perlu Nina saring lagi, apa perlu diturutin atau ngga. Karena saya ga bisa kasih saran. Semua keluarga itu unik dengan karakteristik masing masing.

    Cita cita dan realitas itu sebaiknya beriringan, tapi sesuai dengan keinginan kita, bukan keinginan orang lain.

    Semoga membantu. ^^

  8. dekker 17 mengatakan:

    kk tlong lu2s kan anggraini puji lestari ama yuni ya krna dia tmen q

  9. kuman mengatakan:

    wah wah wah… kutakuuuutttt…. @_@3

  10. selly olimpianty mengatakan:

    hy salam kenal…
    sejak kecil saya sangat berminat untuk kuliah d kedokteran.tapi orang tua saya melarang saya untuk kuliah kedokteran.akhirnya saya mengikuti nasehat orang tua saya yang sebenarnya saya tidak suka.saya sekarang sudah kuliah di salah 1 perguruan tinggi swasta di jakarta dan sebentar lagi saya mau lulus kuliah.Yang saya mau tanya kan :
    1.SISTem perkukiahan d fk seperti ap?
    2.Kalau saya di perbolehkan untuk kuliah kedokteran setelah saya lulus kuliah dr kampus saya yg lama,apakah di perbolehkan masuk fk dr ips?
    3.Lama kuliah dan koas berapa tahun?apakah sama dengan unversitas fk d jkt?
    4.kira2 berapa biaya kuliah ny untk mask fk?
    5.sekolah d fk apakah mesti yg pintar2?

    thank’s…
    sorry kebanyakan pertanyaan.

  11. eshy mengatakan:

    wooww… trnyta qt thu hrs lbih mmperhtikan gigi kita sbgaimna kita hrus rjin mnyikat gigi, mrwat sprti kita merawat diri kita krn gigi itu jga pnting bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: