Cara mengendalikan Diabetes dengan Handpone

New York- Kini orang yang menderita diabetes bisa mengontrol kadar gula dalam darah, serta menghindari komplikasi secara lebih mudah. Sebuah ponsel diabetes mampu membuat penderita bisa hidup tetap sehat.

“Kami tidak bisa hidup tanpa ponsel ini, sungguh mempengaruhi hidupku dengan cara yang positif,” kata Lori Fales penderita diabetes tipe II.

Fales menjadi peserta ujicoba klinis mengubah ponsel menjadi perangkat pemonitor diabetes secara interaktif. Dokter menyediakan ponsel yang berbasiskan internet. Pasien kemudian memasukkan data kadar gula, asupan makanan dan aktifitas fisik ke dalam ponsel.

“Ini sangat nyata, ponsel akan menjadi perangkat yang hebat untuk mengukur kadar glukosa darah dalam hitungan tiap hari,” kata Charlene Quinn, asisten profesor epidemiology dan preventive medicine di University of Maryland School of Medicine.

Menggunakan ponsel yang mampu mengakses internet, pasien memasukkan kadar gula darah, asupan makanan, aktifitas fisik dan pengobatan yang dijalani. Kemudian pasien akan mendapat masukkan dari dokter.

“Mungkin dikatakan saya harus banyak minum air putih dan berjalan-jalan,” kata Fales.

Jaringan online menjadikan dokter dan ahli diabetes bisa melakukan check-up kesehatan pasien setiap waktu. Studi sebelumnya mendapati, pasien bisa mengurangi kadar gulanya 2% dalam tiga bulan.

“Saya merasakan untuk pertamakalinya dalam 20 tahun, diabetes bisa dikendalikan,” kata Fales.

More info : Diabetes Centres

1 Responses to Cara mengendalikan Diabetes dengan Handpone

  1. do2 berkata:

    saya bingung, ini pakai ponsel khusus atau cuma ponsel yang bisa akses internet?

Tinggalkan komentar